Eefektifan model group investigation berbantuan media kartu truth or dare “inkara” dalam meningkatkan hasil belajar ipas kelas v sd 3 wergu wetan

HASTIANI, EIGI PEMA (2024) Eefektifan model group investigation berbantuan media kartu truth or dare “inkara” dalam meningkatkan hasil belajar ipas kelas v sd 3 wergu wetan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Group Investigation berbantuan media Kartu Truth Or Dare dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan dan (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Group Investigation berbantuan media Kartu Truth Or Dare dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan. Model Group Investigation dan Kartu Turth Or Dare merupakan alat yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan mendukung hasil belajar siswa. Model Group Investigation dan Media kartu Truth Or Dare ini disesuakan dengan pembelajaran IPAS bab 6 Indoneisa Kaya Raya Topik A Bagaiamana Bentuk Indonesiaku. Hasil belajar merupakan pencapaian atau pemahaman yang diperoleh oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan jenis one-gorup Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation berbantuan media Kartu Truth Or Dare Dalam Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan terbukti cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample t-test dan uji n-gain pada aplikasi SPSS versi 27. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample t-test dari hasil t hitung yaitu sebesar 23.473 dengan nilai Sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan artian Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil uji n-gain yaitu sebesar 62,7267% dengan artian “cukup efektif”. Berdasarkan hasil penelitian di kelas V SD 3 Wergu Wetan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada kelas V SD 3 Wergu Wetan yang didukung dengan media kartu Truth Or Dare ada perbedaan yang signifikan dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa muatan IPAS pada kelas V SD 3 Wergu Wetan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Siti Masfuah, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Model Group Investigatian , Media Kartu Truth Or Dare
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 06:54
Last Modified: 19 May 2025 06:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23885

Actions (login required)

View Item View Item