Pengembangan buku ajar ipas berbasis model pembelajaran problem based learning peserta didik kelas v sekolah dasar kecamatan gebog

Sa’adah, Nailis (2024) Pengembangan buku ajar ipas berbasis model pembelajaran problem based learning peserta didik kelas v sekolah dasar kecamatan gebog. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) analisis kebutuhan buku ajar IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan pada peserta didik kelas V SD di Kecamatan Gebog Kudus; 2) mendeskripsikan pengembangan buku ajar IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada kelas V SD; 3) menganalisis hasil belajar siswa menggunakan buku ajar IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini, dihasilkan produk berupa buku ajar IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL). Pelaksanaan penelitian ini di Sekolah Dasar kecamatan Gebog dengan menerapkan kurikulum merdeka di kelas V. Fokus penelitian berada di SD 5 Jurang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk analisis data kuantitatif dilakukan uji instrumen dan uji efektivitas. Hasil validasi terhadap buku ajar yang dilakukan oleh dua validator ahli. Hasil validasi materi berada pada skor 85% (valid), dan hasil validasi media berada pada skor 87% (valid). Hasil uji normalitas nilai pre-test adalah 0,203 (p>0,05), sedangkan untuk nilai post-test adalah 0,461 (p>0,05), sehingga memiliki distribusi yang normal. Hasil uji t ditemukan nilai signifikansi sebesar 0, yang lebih kecil dari α = 0,05. Yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dengan post-test. Hasil N gain berada pada skor 76,19 (lebih besar dari 0,7), dalam kategori “tinggi”, maka sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd.
Kata Kunci: IPAS, buku ajar, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 07:49
Last Modified: 19 May 2025 07:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23894

Actions (login required)

View Item View Item