Pengembangan e-lkpd berbasis ethnomatematics untuk siswa kelas vi sekolah dasar pada gugus diponegoro kecamatan mejobo kudus

Noor Jannah, Oky Dwi (2024) Pengembangan e-lkpd berbasis ethnomatematics untuk siswa kelas vi sekolah dasar pada gugus diponegoro kecamatan mejobo kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penerapan Ethnomatematics di kelas akan sangat memudahkan siswa dalam memahami isi pembelajaran karena isi pembelajaran berkaitan langsung dengan budaya siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah 1) menganalisis kebutuhan E-LKPD berbasis ethnomatematics, 2) menganalisis proses pengembangan e LKPD berbasis ethnomatematics, 3) menganalisis kelayakan e-LKPD berbasis ethnomatematics dan 4) menganalisis efektivitas pengembangan e-LKPD berbasis ethnomatematics untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar pada Gugus Diponegoro Kecamatan Mejobo Kudus. LKPD merupakan lembaran yang berisi panduan tugas yang dikerjakan oleh siswa guna melakukan kegiatan penyelidikan agar pemahaman anak maksimal sesuai dengan indikator. Ethnomatematics merupakan pengetahuan yang mengaitkan matematika dengan unsur budaya. Kemampuan pemecahan masalah adalah cara untuk mencari jalan keluar dari persoalan yang tidak bisa diselesaikan untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Jenis penelitian ini menggunakan model Borg and Gall terdiri dari: 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan draf produk awal; 4) uji lapangan awal; 5) revisi produk awal; 6) uji lapngan utama; 7) revisi produk utama; 8) uji lapangan oprasional; 9) revisi produk akhir; 10) implementasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Jepang, SD 4 Jepang, SD 3 Gulang dan SD 4 Gulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis ethnomatematika dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu siswa dalam kemampuan pemecahan masalah siswa. Rata-rata hasil validasi ahli materi, media dan bahasa mendapat skor 3,48 termasuk dalam kategori sangat layak. Pengujian efektivitas E-LKPD berbasis ethnomatematika dapat dilihat dari 3 hal yaitu 1) pengujian uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 artinya sig < 0,05 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.2) uji one sample t test diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,13 artinya sig > 0,05 maka nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih dari 70 dan; 3) rata-rata hasil uji N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengembangan E-LKPD berbasis ethnomatematika efektif digunakan untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Siswa diharapkan dapat menggunakan E-LKPD berbasis ethnomatematika yang diaplikasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar agar siswa termotivasi sehingga pemahaman siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd, Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Ethnomatematics, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 04:24
Last Modified: 20 May 2025 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item