Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Kearifan Lokal Materi Mengenal Lingkungan Sekitar Untuk Kelas Ivsekolah Dasar Di Kecamatan Mejobo Kudus

Hasanah, Uswatun (2024) Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Kearifan Lokal Materi Mengenal Lingkungan Sekitar Untuk Kelas Ivsekolah Dasar Di Kecamatan Mejobo Kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan ular tangga digital, membuat desain ular tangga digital, menganalisis kelayakan ular tangga digital dan menganalisis keefektifan ukar tangga digital berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran pendidikan pancasila untuk kelas IV Sekolah Dasar di kecamatan Mejobo kabupaten Kudus. Media pembelajaran digital adalah media pembelajaran yang menghasilkan sebuah citra digital yang dapat diolah, diakses, dan didistribusikan menggunakan perangkat digital. Pembelajaran berbasis media digital dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran lebih luas, bervariasi serta pembelajar dapat belajar kapan dan di mana saja tanpa terbatas jarak, ruang, dan waktu. Media pembelajaran permainan ular tangga digital dirancang dengan memanfaatkan teknologi atau digitalisasi sehingga akan merangsang perhatian siswa, meningkatkan minat, pikiran dan perasaan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang diaplikasikan adalah Brog and Gall dengan mengimplementasikan 7 langkah yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan ahli. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang diaplikasikan adalah angket. Angket validasi ditujuakan kepada ahli media, materi, bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan adalah pengembangan ular tangga digital berbasis kearifan lokal dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kelas IV di empat SD. Pengembangan ular tangga digital berbasis kearifan lokal dikembangkan menggunakan model Brog Gall dengan 7 langkah. Ular tangga digital berbasis kearifan lokal dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan rata-rata hasil presentase validasi ahli yaitu: ahli media 89%, ahli materi 93,5%, ahli bahasa 99% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan untuk respon siswa sebesar 94% dan respon guru empat SD sebesar 93,2% dengan kategori “sangat layak”. Penggunaan ular tangga digital efektif digunakan dalam pembelajaran kearifan lokal. Dengan rerata hasil belajar pretest kelas kontrol dan eksperimen yaitu kelas eksperimen 81,72, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol, 74,67 Artinya, Ada perbedaan hasil belajar posttest pada kelas kontrol dan xi eksperimen, yaitu hasil belajar posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,61 kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini, ular tangga digital berbasis kearifan lokal efektif digunakan pada siswa kelas IV SD Mejobo Kabupaten Kudus. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat mengoptimalkan penggaplikasian ular tangga digital berbasis kearifan lokal

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A, Dosen Pembimbing: 2. Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: Ular Tangga Digital, Kearifan Lokal, Pendidikan Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 04:48
Last Modified: 20 May 2025 04:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item