Ernawati, Septi (2024) Penerapan model cooperative script berbantu media power point interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pendidikan pancasila kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Halaman Judul)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Siswa kelas IV SD Negeri 3 Blimbingrejo memiliki permasalahan pada kemampuan berpikir kritis yang mengakibatkan nilai rata-ratanya rendah sebesar 56,67. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra penelitian yang telah peneliti lakukan dengan wawancara bersama guru kelas dan siswa serta peneliti juga melihat hasil nilai ulangan harian Pendidikan Pancasila . Model pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu model pembelajaran dimana siswa diharuskan aktif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Media power point interaktif merupakan media audio visual yang menarik untuk pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis sangat penting agar nilai siswa menjadi tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu Pre-Eksperimental Design bentuk One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 3 Blimbingrejo dengan teknik Non-Probability Sampling yaitu sampling jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantu power point interaktif dan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan nilai posttest siswa lebih baik daripada nilai pretest, dapat dilihat dari hasil uji paired sample t-test memperoleh nilai Sig. 0,000 > 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penerapan model cooperative script berbantu media power point interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hipotesis kedua menunjukkan hasil analisis uji n-gain sebesar 0,57 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran menggunakan model cooperative script berbantu media power point interaktif dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model cooperative script berbantu media power point interaktif sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model cooperative script berbantu media power point interaktif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Diana Ermawati, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. |
Kata Kunci: | Cooperative Script, Power Point Interaktif, Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:40 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
