LUTHFIYAH, UMI TARIS (2024) Peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila melalui model teams games tournament berbantuan media pembelajaran moca (monopoli pancasila) di sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran, keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada Pendidikan Pancasila materi pancasila sebagai nilai kehidupan siswa kelas IV SDN Plosojenar dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan media pembelajaran MOCA (Monopoli Pancasila). Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 19 siswa dan guru kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK menggunakan model TGT. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang akan dibagi menjadi 4 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media MOCA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I pertemuan pertama, tingkat aktivitas belajar siswa hanya mencapai 52%, yang dikategorikan sebagai "Cukup." Namun, pada pertemuan kedua Siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 65%, masuk dalam kategori "Baik." Peningkatan ini berlanjut pada Siklus II, di mana pada pertemuan pertama aktivitas belajar siswa mencapai 75% dengan kategori "Baik," dan pada pertemuan kedua meningkat lebih lanjut menjadi 83,27%, yang dikategorikan sebagai "Sangat Baik." Sedangkan keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan konsisten dari Siklus I pertemuan 1 dan 2 hingga Siklus II pertemuan 1 dan 2. Pada Siklus I pertemuan pertama, keterampilan mengajar guru berada pada tingkat 67,50%, yang dikategorikan sebagai "Baik." Namun, pada pertemuan kedua Siklus I, keterampilan mengajar guru meningkat menjadi 82,50%, yang masuk dalam kategori "Sangat Baik." Peningkatan ini terus berlanjut pada Siklus II, di mana pada pertemuan pertama keterampilan guru mencapai 92,50%, dan pada pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 97,50%, yang juga dikategorikan sebagai "Sangat Baik." Tidak hanya itu, hasil penelitain juga menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kemajuan signifikan dalam hasil belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 36,80% pada pra-siklus, menjadi 42,10% pada siklus I, dan kemudian melonjak menjadi 84,20% pada siklus II.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media MOCA, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:53 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
