Penerapan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media grafis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipas pada siswa kelas v sd 1 mijen

Mudrikatussyifa, Mudrikatussyifa (2024) Penerapan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media grafis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipas pada siswa kelas v sd 1 mijen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 1 Mijen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media grafis pada pelajaran IPAS materi bagian-bagian mata, gangguan penglihatan, bagian-bagian telinga, dan gangguan pendengaran. Model Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana belajar meriah dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar dengan kerangka TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan). Quantum Teaching menerapkan empat prinsip, yaitu interaksi, komunikasi, refleksi, dan eksplorasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Mijen dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase Keterampilan guru pada siklus 1 (80%) dan meningkat pada siklus II (93%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I (70%) dan meningkat pada siklus II (83%). Hasil belajar siswa pada siklus I (59%) dengan nilai rata-rata 74, dan meningkat pada siklus II (82%) dengan nilai rata-rata 81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru. aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS siswa kelas V SD 1 Mijen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Fina Fakhriyah, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Quantum Teaching, Media Grafis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 02:26
Last Modified: 22 May 2025 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item