PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD 3 PANJUNAN KUDUS

Hidayah, Dyah Khusnul (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD 3 PANJUNAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (337Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (123Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (314Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (226Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (624Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (169Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (96Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (77Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (13Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Hidayah, Dyah Khusnul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD 3 Panjunan Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. (II) Nur Aisyah Sayidatun Nisa’, S. Pd, M.Pd. Kata-kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar siswa, IPS. Pelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran terpenting di sekolah dasar. Peneliti menemukan beberapa masalah di SD 3 Panjunan Kudus khususnya mata pelajaran IPS. Selama ini proses pembelajaran mata pelajaran IPS masih bersifat konvensional, dan cakupan materi IPS SD cenderung bersifat hafalan. Disisi lain, menurut hasil pengalaman peneliti selama melakukan observasi di SD 3 Panjunan Kudus, peneliti mendapat informasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai siswa pada ulangan akhir semester satu yang masih dibawah ketuntasan minimal (KKM=71). Untuk membuat siswa memahami mata pelajaran IPS, guru harus menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Numbered Heads Together yang digunakan oleh peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus pada mata pelajaran IPS. Peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas untuk menjawab rumusan permasalan. Peneliti berencana menggunakan Numbered Heads Together sebagai model Pembelajaran dalam penelitian ini. Terdapat dua siklus dalam penelitian tindakan kelas ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa adalah 71.81 dengan ketuntasan klasikal 72.73% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 81.86 dengan ketuntasan klasikal 90.90%. Rata –rata aktivitas siswa pada siklus pertama 78.48% dan siklus kedua meningkat menjadi 88.42%. Rata-rata aktivitas manajemen pembelajaran guru pada siklus pertama meningkat menjadi 72.5% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 88.75%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jadi, guru harus menggunakan Numbered Heads Together sebagai salah satu model pembelajaran untuk mengajar mata pelajaran IPS.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 11 Mar 2014 13:19
                    Last Modified: 11 Mar 2014 13:19
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2393

                    Actions (login required)

                    View Item