PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGUBAH PECAHAN KE BENTUK PERSEN DAN DESIMALPADA PESERTA DIDIKKELAS V SD 2 WERGUKULON

Soeprobo, Nalini Tyas (2013) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGUBAH PECAHAN KE BENTUK PERSEN DAN DESIMALPADA PESERTA DIDIKKELAS V SD 2 WERGUKULON. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (516kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (131kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (145kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Soeprobo, NaliniTyas. 2013. Penerapan Model Student Teams Achievement DivisionuntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaMateriMengubahPecahankeBentukPersendanDesimalPadaPesertaDidikKelas V SD 2 Wergukulon. Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuria Kudus.DosenPembimbing (1) Drs. Masturi, MM(2) EkaZuliana, M.Pd. KataKunci:Student Teams Achievement Division, HasilBelajar, materiMengubahPecahankeBentukPersendanDesimal. Pembelajaran yang berpusatpada guru atauteacher centeredmengakibatkankurangnyakeaktifanpesertadidik, guru hanyamenjelaskanmateridanmemberikanlatihansoalsebagailatihanpesertadidik. Kurangnyaaktifitaspesertadidikdalamkegiatanpembelajaranmembawadampakpadarendahnyahasilbelajarpesertadidik.Permasalahandalampenelitiantindakankelasiniadalahbagaimanapenerapan model Student Teams Achievement Divisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateri mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimalpadapesertadidikkelas V semester 2 SD 2 Wergukulon.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulondenganmaterimengubahpecahankebentukpersendandesimaldenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division. Model pembelajaran yang digunakandalampenelitianiniadalah model Student Teams Achievement Division. Model inimerupakanvariasipembelajarankooperatif yang pelaksanaannyadimulaidenganpembentukankelompokheterogen yang beranggotakan 4-5 orang.Pesertadidikdalamkelompokbertanggungjawabuntukmemajukankelompoknya.Penilaiankelompokditentukanolehnilaikelompokmelaluidiskusidannilaiindividudalamkelompokmelaluites yang dikerjakansecaramandiri.Kelompok yang nilainya paling tinggiakanmemperolehpenghargaandari guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Wergukulon dengan subjekpenelitianiniadalah 21 pesertadidikkelas V. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Variabelbebas adalah model Student Teams Achievement Division.Sedangkan variabel terikatnyaadalah hasilbelajarmatematikapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulondenganmaterimengubahpecahankebentukpersendandesimal. Hasilpenelitianpadasiklus I menunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajardarirata-rata hasilbelajarmatematikaprasiklusadalah 58,33 denganketuntasanklasikal 29% meningkatmenjadi rata-rata hasilbelajar 69,70denganketuntasanklasikal 67%. Peningkatan yang terjadipadasiklus II adalah rata-rata hasilbelajar 81,05denganketuntasanklasikal 100%. Peningkatan yang terjadipadahasilbelajarmatematikajugadidukungolehpeningkatanaktifitaspesertadidikdalampembelajarandenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division. Hal inidapatdilihatdariskor rata-rata aktivitaspesertadidiksiklus I adalah 1,60dengankategoriaktivitaspesertadidikdalampembelajarankurangbaikmenjadiskor rata-rata 3,11 dengankategoriaktivitaspesertadidikdalampembelajaranbaikpadasiklus II. DalamPenggelolaanpembelajaran yang dilakukanguru praktikandenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division jugamengalamimeningkatan. Hal inidapatdilihatdariskor rata-rata penggelolaanpembelajaransiklus I adalah 2,19dengankategoripembelajarancukupbaikmenjadiskor rata-rata 3,26 dengankategoripembelajaransangatbaikpadasiklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapanmodel Student Team Achievement DivisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateriMengubahPecahankeBentukPersendanDesimalpadasiswakelas V SD 2 Wergukulon. Simpulan yang dapatdiambildaripenelitianiniadalahpenerapan model Student Teams Achievement Divisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterimengubahpecahankebentukpersendandesimalpadapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulon. Penelitimenyarankanbagigurusekolahdasaruntukdapatmenerapkanmodel Student Teams Achievement Divisionsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdanmengajakketerlibatanaktifpesertadidikdalamprosespembelajaran agar terciptasuasanabelajar yang menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Masturi,MM
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Mar 2014 01:42
Last Modified: 12 Mar 2014 01:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item