QUDSIYYAH, NAFTALIA (2024) Penerapan model pembelajaran teams games tournament (tgt) dengan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media ular tangga pada mata pelajaran IPAS Bab 2 “Harmoni Dalam Ekosistem” kelas V SDN 2 Gamong Kaliwungu Kudus. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah metode pembelajaran yang melibatkan seluruh aktivitas siswa dalam sebuah kelompok untuk dapat bekerja sama tanpa memandang perbedaan. Hasil belajar siswa adalah hasil yang diberikan kepada siswa berupa penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Keterampilan mengajar guru adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakn di kelas V SDN 2 Gamong dengan subjek penelitian 10 orang dan guru kelas V yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan selama dua pertemuan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model Teams Games Tournament (TGT) dan media ular tangga. Variabel terikat penelitian ini yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi terhadap keterampilan mengajar guru pada penelitian ini siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 72,5 dan pada siklus 2 sebesar 96,5. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus 1 yang berhasil tuntas mencapai rata-rata sebesar 78 dengan kategori baik dan pada siklus 2 mengalami peningkatan hingga siswa yang berhasil tuntas mencapai rata-rata sebesar 85,8 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada ranah afektif di siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 68,5 dan pada siklus 2 sebesar 82,5. Hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik di siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 59,2 dan pada siklus 2 sebesar 76. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memiliki kesusaian dengan karakteristik siswa di sekolah tersebut. Siswa juga menjadi lebih mudah memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, M.Pd. |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar, media ular tangga |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:48 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
