Pengaruh media pembelajaran cerita perang obor 3d terhadap ketrampilan menulis pada siswa sekolah dasar

RAHAYU, SEPVI (2024) Pengaruh media pembelajaran cerita perang obor 3d terhadap ketrampilan menulis pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul] Other (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1] Other (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Menulis merupakan keterampilan berbahasa penting untuk dikuasai dengan menulis dapat menyampaikan ide, menggambarkan peristiwa dengan dimensi ruang dan waktu. Karena proses pembelajaran guru yang monoton dan konversional menyebabkan kurang minat pada keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian adalah Menganalisis proses dan hasil media pembelajaran cerita perang obor 3D dalam keterampilan menulis pada siswa kelas V SDN 2 Karanggondang. Media 3 Dimensi yang dimaksud pop up book dapat menghubungkan konsepkonsep yang terdapat pada gambar-gambar pada buku sehingga mampu membangkitkan imajinasi anak. Pop up book mempunyai kemampuan untuk memperkuat kesan yang ingin disampaikan dalam sebuah narasi sehingga dapat lebih terasa. Tampilan visual yang lebih berdimensi membuat narasi semakin terasa nyata ditambah lagi dengan kejutan yang diberikan dalam setiap halamannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode PBL(Problem Based Learning). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Karanggondang dengan jumlah siswa yaitu 21, dan yang jadikan sebagai subjek penelitian ini 21 siswa, 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media cerita perang obor 3 Dimensi adanya pengaruh. Hal tersebut dibuktikan oleh uji regresi nilai F hitung 18.239 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 ˂ 0,05 dan dilihat dari nilai postest (setelah diberi perlakuan) memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest (sebelum diberi perlakuan). Rata-rata pada pretest 64,76, nilai rata-rata posttest adalah 91,67. Hal ini disebabkan oleh hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Hₐ diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan media pembelajaran 3 Dimensi berpengaruh terhadap keterampilan menulis. Media 3 dimensi cerita peraang obor perpengaruh tinggi pada siswa di SDN 2 Karanggondang karena pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai pretest dan posttest dengan uji N-Gain diperoleh nilai 0,74 dengan kategori tinggi, uji validitas terhadap hasil pre test dan post test siswa. Hasil uji t (t hitung 10,285 > t tabel 2,086) menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil Pre Test dan Post Test, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 7,5% menjadi 76,3%. Ini membuktikan adanya penggunaan media 3D sangat berpengaruh tinggi terhadap keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Cerita Perang Obor, 3D, Keterampilan Menulis, Narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 07:03
Last Modified: 22 May 2025 07:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item View Item