PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 03 WATES MENGGUNAKAN MODEL CTL MATERI KUBUS DAN BALOK TAHUN 2012/2013

Lestari, Erni Fitri (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 03 WATES MENGGUNAKAN MODEL CTL MATERI KUBUS DAN BALOK TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (624kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (87kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (55kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (29kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Lestari, Erni Fitri. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 03 Wates Menggunakan Model CTL Materi Kubus dan Balok Tahun 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd, Pembimbing (ii) Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Contextual Teaching and Learning, Kubus dan Balok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar matematika siswa yang rendah. Indikasi tersebut terdapat pada siswa kelas IV SD 03 Wates yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Hal ini ditandai dengan beberapa masalah diantaranya: (1) Pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) Dalam proses pembelajaran belum menerapkan model pembelajaran Kontekstual, (3) Masih rendahnya hasil belajar matematika siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik CTL yaitu pembelajaran harus dihubungkan dengan masalah kontekstual yang diambil dari dunia nyata para siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk “meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 03 Wates materi kubus dan balok menggunakan model CTL Tahun 2012/2013. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yaitu dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar yang menggembirakan. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 57,70% dengan rata-rata 51,59 meningkat pada siklus I menjadi 69,23% dengan rata-rata 62,26 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 76,61. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2,14 dengan kriteria “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 3,5 dengan kriteria “baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 2,90 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,34 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa serta pengelolaan pembelajaran guru. Dalam setiap proses pembelajaran diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning maupun model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kerjasama diantara siswa dalam kelompok perlu ditingkatkan agar pelaksaan pembelajaran CTL berjalan lancar. Diharapkan peneliti yang akan datang dapat lebih memahami model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, sehingga akan dapat meminimalisasikan kekurangan dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dr.Sukiman,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Mar 2014 01:55
Last Modified: 12 Mar 2014 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item