MUNA, NAILAL (2024) Dampak game online mobile legend terhadap interaksi sosial siswa kelas v di sd 1 mijen kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
iharapkan melalui analisis dampak game online, siswa akan lebih berinteraksi dengan teman dan menghindari kecanduan bermain game online. Sebagai pendidik, kita juga harus memastikan bahwa siswa kita tidak bermain game online di sekolah dan memberitahu mereka bahwa berteman dengan orang lain lebih penting. Sebagai orang tua, kita juga harus memantau segala aktivitas anak agar mereka tidak bertindak sembarangan dan harus saling berteman dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini : (1) mengetahui dan menjelaskan mengapa siswa bermain game online mobile legend di SD 1 Mijen; (2) mengetahui bagaimana karakteristik anak dalam game online mobile legend di SD 1 Mijen; (3) mengetahui tindak lanjut yang diberikan oleh guru terhadap game online di SD 1 Mijen. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Mijen Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas V dan guru kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa bermain game online ratarata sudah bermain HP atau gadget. Dampak game online sangat bergantung pada penggunaannya, jika berlebihan risiko kecanduan dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan anak-anak, tetapi jika bijak bisa bermanfaat dan mengembangkan keterampilan penting di era digital; (2) karakteristik anak dalam bermain game online menemukan bahwa beberapa siswa sering menggunakan bahasa yang tidak pantas di sekolah, kemungkinan besar dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang tidak diawasi; (3) tindak lanjut yang diberikan yaitu dengan sekolah menerapkan kebijakan pembatasan penggunaan gadget untuk meningkatkan interaksi sosial dan fokus belajar dengan pendekatan disiplin tanpa kekerasan. Hal yang perlu dilakukan pendidik yaitu guru sebaiknya memberikan perhatian kepada anak-anak yang kurang dalam berinteraksi serta memberikan semangat dan nasihat mengenai pentingnya berteman dengan orang lain. Guru harus lebih sering mengadakan kegiatan yang melibatkan kerja sama antar siswa dan memperketat aturan terhadap siswa yang membawa gadget ke sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.r. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. |
Kata Kunci: | dampak game online, interaksi sosial |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 01:34 |
Last Modified: | 24 May 2025 01:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
