Enerapan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan media pop up book keramat terhadap kemampuan kognitif siswa kelas iv sdn kedung

FAIZAH, SITI NUR (2024) Enerapan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan media pop up book keramat terhadap kemampuan kognitif siswa kelas iv sdn kedung. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode Teacher Center Learning serta kurangnya pemahaman keberagaman rumah adat. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN Kedung. Hasil dari nilai IPS siswa kelas IV yang mencapai KKTP (70) sebanyak 4 siswa atau 22 % dari 18 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghitung perbedaan rata-rata serta peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada ranah kognitif dengan memanfaatkan media pop up book yang ada dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang diambil dengan pemberian masalah, masalah yang diberikan memiliki konteks dengan dunia nyata. Melalui model PBL siswa berbantuan dengan media pop up book. Pop Up Book merupakan media visual yang menyajikan bentuk-bentuk dengan melipat dan sebagainya. Buku pop up book merupakan sebuah buku yang memiliki isi bagian yang dapat bergerak ketika dibuka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis one group pretest- posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Kedung dengan subjek penelitian 18 siswa dan berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan bantuan media pop up book. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil analisis pembelajaran siswa kelas IV SDN Kedung menunjukkan bahwa guru memerlukan pembaruan model pembelajaran yang digunakannya, sehingga dapat menarik motivasi belajar siswa serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Peneliti menerapkan pembelajaran dengan model problem based learning dengan bantuan media pop up book keramat. Hasil validasi menunjukkan rata-rata validasi media, validasi materi, dan validasi latihan soal sebesar 95,15%; 94,27%; 90,27% dengan kategori sangat baik digunakan sebagai media pendamping pembelajaran dan latihan soal IPAS kelas IV materi keragaman rumah adat. Nilai pre-test menunjukkan rata-rata angka 54,78 sedangkan nilai post-test menunjukkan rata-rata angka 75,50. Uji paired sample t-test sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai kognitif siswa secara signifikan setelah adanya perlakuan. N-gain per indikator menunjukkan peningkatan pada rentan interpretasi rendah menuju interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya penerapan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan media pop up book keramat menunjukkan bahwa setelah adanya perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan berupa perbedaan rata-rata kemampuan kognitif siswa yang semakin meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Diana Ermawati, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, IPS, Pop Up Book, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 02:01
Last Modified: 24 May 2025 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item