Efektivitas Permainan Edukatif bagi Perkembangan Belajar Anak Sekolah Dasar

Kusmanto, Agung Slamet (2011) Efektivitas Permainan Edukatif bagi Perkembangan Belajar Anak Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 2 (1). pp. 68-74. ISSN 2087-9385

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (96Kb) | Request a copy

    Abstrak

    ABSTRACT Play as a form of childhood learning activities should be creative and fun (not to cause fear in children). In play children use various tools of the game. By using various tools in educational games for children, it is hoped the children can play and develop his creativity. Lower Grader At elementary school age can observe a variety of shapes, sizes, colors, scale through tools such as educational games or playing objects such as house hold appliances in the house. Play is a very useful learning experience for children, such as gain experience in developing relationships with peers, increase vocabulary, distribute depressed feelings. By understanding the benefits of play, we hope that it can raise/bring up idea how to utilize plying activity to develop children’s development aspects such as physical, motorik, social, emotional, personality, cognition, sensory acuity, sports and dancing skills. ABSTRAK Bermain sebagai bentuk kegiatan belajar kanak haruslah yang kreatif dan menyenangkan (tidak menimbulkan rasa takut pada diri anak). Dalam bermain anak menggunakan berbagai macam alat permainan. Dengan menggunakan berbagai macam alat permainan edukatif di untuk anak, diharapkan anak-anak dapat bermain dan mengembangkan kreativitasnya. Pada usia SD Kelas Rendah anak dapat mengamati berbagai bentuk, ukuran, warna, besaran misalnya melalui alat-alat permainan edukatif atau memainkan benda seperti peralatan rumah tangga yang ada di rumah. Bermain merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna bagi anak, misalnya saja memperoleh pengalaman dalam membina hubungan dengan sesama teman, menambah perbendaharaan kata, menyalurkan perasaan-perasaan tertekan. Dengan mengetahui manfaat bermain, diharapkan bisa memunculkan gagasan seseorang tentang cara memanfaatkan kegiatan bermain untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, yaitu aspek fisik, motorik, sosial, emosi, kepribadian, kognisi, ketajaman pengindraan, ketrampilan olah raga dan menari

    Tipe dokumen: Artikel
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 18 Apr 2012 10:02
    Last Modified: 18 Apr 2012 10:02
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/240

    Actions (login required)

    View Item