IRMIYANI HAFIS, NANDA (2024) Penerapan model pembelajaran student team achievement division (stad) berbantuan media paste board untuk meningkatkan hasil belajar ipas kelas vi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Melalui mata pelajaran IPAS siswa diharapkan dapat menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam. Media pembelajaran Paste Board ini mendorong peserta didikuntuk berpikir, mencari dan menemukan jawaban dan tetap berada di lingkungan permainan yang menyenangkan. Student Teams Achievement Division (STAD) digunakan untuk memberikan pengalaman dan mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara berkelompok. Model pembelajaran ini di terapkan dalam mata pelajaran IPAS materi alat gerak kelas VI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar, aktivitas belajar siswa dan peningkatan keterampilan mengajar guru kelas VI penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media Paste Board. Penelitian dilakukan pada 19 siswa kelas VI SDN 2 Pelemkerep. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang di gunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Paste Board dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru kelas VI SDN 2 Pelemkerep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif sebesar 16%, ranah afektif meningkat sebesar 18% sedangkan secara psikomotorik meningkat sebesar 15%. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 11% peningkatan keterampilan mengajar guru kelas VI sebesar 10%. Dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media Paste Board dapat meningkatkan Hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Kamdun. M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fitriyah Amalia, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Student Teams Achievement Division, Paste Board, Hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:35 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
