Penerapan model realistic mathematics education berbantuan media papinbilca untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas v sdn 03 jojo

HASANAH, NOOR LAILY (2024) Penerapan model realistic mathematics education berbantuan media papinbilca untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas v sdn 03 jojo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Numerasi diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan merepresentasikan hubungan kuantitatif serta memecahkan masalah dengan menggunakan angka dan simbol. Kemampuan numerasi siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai matematika terendah 58. Sedangkan nilai tertinggi mencapai 83 dengan nilai rata-rata 66,1. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan numerasi dan ketrampilan guru menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PaPinBilCa. Realistic Mathematics Education merupakan model yang menggunakan konteks dunia nyata atau pengalaman siswa sebagai bahan persepsi untuk memulai kegiatan pembelajaran. Kemampuan numerasi adalah kemampuan penggunaan matematika dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan seharihari dengan menggunakan penalaran matematika. Peneliti menggunana RME berbantuan media PapinBilCa agar pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Media PaPinBilCa merupakan media pembelajaran papan pintar yang didalamnya berisi materi yang akan diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi pada penelitian ini berjumalah 10 siswa dan menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan variabel terikat dan variabel bebas yaitu model Realistic Mathematics Education dan kemampuan numerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara pada saat prapenelitian, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media PaPinBilCa dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa dilihat dengan rata-rata siswa tuntas secara klasikal siklus I ke siklus II yaitu 50% dengan kategori kemampuan rendah menjadi 100% dengan kategori kemampuan tinggi. Ketrampilan mengajar guru meningkat dilihat pada siklus I dengan rata-rata 67,37% meningkat pada siklus Il dengan rata-rata 79,75%. Aktivitas siswa meningkat dilihat pada siklus I dengan rata-rata 81,50% meningkat pada siklus Il dengan rata-rata 90%. Berdasarkan hasil peneletian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematics Education berbantuan dengan media PaPinBilCa dapat meningkatkan kemampuan numerasi, aktivitas belajar siswa dan ketrampilan mengajar guru dalam pelajaran matematika pada materibilangan cacah sampai 100.000.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Media PaPinBilCa, Kemampuan Numerasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:07
Last Modified: 02 Jun 2025 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item