AZIZAH, FIIKI NUR (2024) Penerapan model pembelajaran numbered heads together (nht) dengan media pop up book mata pelajaran pendidikan pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sd n 1 panjang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N 1 Panjang. Numbered Heads Together (NHT) adalah model pengajaran di mana materi diajarkan dengan menggunakan kelompok sebagai media untuk menyatukan persepsi atau pemikiran siswa terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru, yang kemudian dijawab dan dipertanggung jawabkan oleh siswa sesuai dengan nomor yang ditentukan oleh guru dari setiap kelompok. Media Pop Up Book adalah bentuk buku atau kartu yang mengandung lipatan atau potongan gambar yang, ketika dibuka, ditarik, atau diangkat, menciptakan objek tiga dimensi (3D). Pendidikan Pancasiladalam konteks Indonesia sebagai sebuah program pendidikan yang menitikberatkan pada demokrasi politik yang digabungkan dengan pengetahuan lainnya, dengan kontribusi positif dari pendidikan formal, lingkungan masyarakat, dan peran orang tua. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Panjang dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa dan satu orang guru yang berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Penlitian ini menggunakan jenis validasi expert judgement yang di dalamnya terdapat validasi ahli materi dan ahli media untuk menguji kebenaran instrumen yang digunakan dalam penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Variabel bebas adalah model Numbered Heads Together (NHT) dengan media Pop Up Book. Variabel terikat adalah pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menerapkan model Numbered Heads Together dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dikelas pada prasiklus memperoleh 59,5% pada siklus I ke siklus II memperoleh presentase 74,26% menjadi 82,35%. Aktivitas siswa pada prasiklus memperoleh 40,36% pada siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 66,6% menjadi 78,12%. Dan hasil belajar siswa dari prasiklus memperoleh 50,20% mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu 66,66% menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada kelas V SD N 1 Panjang dapat dsimpulkan bahwa dengan menerapakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya Indonesia kelas V SD N 1 Panjang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1.Deka Setiawan, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Ristiyani, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Media Pop Up Book. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 04:58 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 04:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
