Empati sebagai Sarana untuk Memperkokoh Sikap Pro-sosial Pelajar

Kusmanto, Agung Slamet (2011) Empati sebagai Sarana untuk Memperkokoh Sikap Pro-sosial Pelajar. Prosiding Seminar Internasional: selamatkan umat dan bangsa dari berbagai krisis. ISSN 2088-7779

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
EMPATI_SEBAGAI_SARANA_UNTUK_MEMPERKOKOH_SIKAP_PROSOSIAL_PELAJAR.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstrak

ABSTRAK Empati dipahami sebagai pemahaman yang intim bahwa perasaan-perasaan, pikiran-pikiran dan motif-motif seseorang dimengerti secara menyeluruh oleh orang lain, disertai ungkapan penerimaan terhadap keadaan orang lain. Empati, baik untuk pengajar maupun pelajar, semakin diperlukan dalam pendidikan dalam upaya mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu kompetensi hasil belajar yang harus dicapai oleh pelajar adalah kompetensi afektif, selain kompetensi kognitif (pemahaman) dan psikomotorik (keterampilan). Tujuan dari peningkatan kemampuan afektif ini adalah menolong individu menguasai berbagai keterampilan hidup (life skills) penting lewat program-program terstruktur yang diselenggarakan dalam kelompok, sehingga terbentuk sikap pro-sosial individu. ABSTRACT Empathy is understood as an intimate understanding of the feelings, thoughts and motives of a person thoroughly understood by others , accompanied by expressions of acceptance of the status of others. Empathy, for both teacher and learner, is getting needed in education in order to achieve the success of the learning process. One of the competencies of learning outcomes whixh should be achieved by learner is affective competence, in addition to cognitive competence (understanding) and psychomotor (skills). The purpose of this affective capacity development is to help individuals master the variety of essentil life skills (life skills) through structured programs which are organized in groups sforming a pro-social attitudes of individuals.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Ilmu-ilmu Sosial > Sosiologi > Psikologi sosial
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2012 03:31
Last Modified: 21 Jan 2016 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item