Andriani, Evana and Hana, Khusnul Luthfi and Khanifah, Aulia Nurul and Ayu, Mareta Diah and Yurianto, Mohammad Rizki (2025) PENGARUH EMPLOYEE EFFORT, SERVICE QUALITY, SERVICESCAPE TERHADAP CUSTOMER DELIGHT (STUDI KASUS PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI KOTA KUDUS). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 9 (1). pp. 512-529. ISSN 2621-5306
Preview |
Text (Article)
Artikel.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Turnitin.pdf - Other Download | Baca Disini |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi dampak employee effort, kualitas layanan (service quality), dan lingkungan layanan (servicescape) terhadap customer delight, dengan studi kasus pada restoran cepat saji di Kota Kudus. Penelitian yang dilakukan ini mengaplikasikan pendekatan analisis regresi linier berganda dengan didukung perangkat lunak SPSS dalam versi 25. Sebanyak 156 responden dijadikan sampel penelitian, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Dari hasil uji T, ditemukan bahwa variabel upaya karyawan (employee effort) memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,568, sedangkan kualitas layanan (service quality) dan lingkungan layanan (servicescape) menunjukkan hasil tingkat signifikansi yaitu 0,000. Dari hasil temuan, disimpulkan bahwa employee effort secara individual tidak berpengaruh terhadap customer delight, sedangkan service quality dan servicescape secara individual memiliki pengaruh signifikan terhadap customer delight. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar cakupan studi diperluas ke wilayah lain atau jenis restoran yang berbeda guna menguji generalisasi temuan ini. Selain itu, peneliti dapat mempertimbangkan penambahan variabel lain untuk memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh customer delight dalam industri ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Employe Effort, Service Quality, Servicescape, Customer Delight |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Penjuanlan. Pembelian. Tenaga penjual. Sales. tenaga marketing. |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Mrs Evana Andriani |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 23:01 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 23:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
