PENGARUH EMPLOYEE EFFORT, SERVICE QUALITY, SERVICESCAPE TERHADAP CUSTOMER DELIGHT (STUDI KASUS PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI KOTA KUDUS)

Andriani, Evana and Hana, Khusnul Luthfi and Khanifah, Aulia Nurul and Ayu, Mareta Diah and Yurianto, Mohammad Rizki (2025) PENGARUH EMPLOYEE EFFORT, SERVICE QUALITY, SERVICESCAPE TERHADAP CUSTOMER DELIGHT (STUDI KASUS PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI KOTA KUDUS). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 9 (1). pp. 512-529. ISSN 2621-5306

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Article]
Preview
Text (Article)
Artikel.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Turnitin.pdf - Other

Download | Baca Disini
Official URL: https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/art...

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi dampak employee effort, kualitas layanan (service quality), dan lingkungan layanan (servicescape) terhadap customer delight, dengan studi kasus pada restoran cepat saji di Kota Kudus. Penelitian yang dilakukan ini mengaplikasikan pendekatan analisis regresi linier berganda dengan didukung perangkat lunak SPSS dalam versi 25. Sebanyak 156 responden dijadikan sampel penelitian, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Dari hasil uji T, ditemukan bahwa variabel upaya karyawan (employee effort) memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,568, sedangkan kualitas layanan (service quality) dan lingkungan layanan (servicescape) menunjukkan hasil tingkat signifikansi yaitu 0,000. Dari hasil temuan, disimpulkan bahwa employee effort secara individual tidak berpengaruh terhadap customer delight, sedangkan service quality dan servicescape secara individual memiliki pengaruh signifikan terhadap customer delight. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar cakupan studi diperluas ke wilayah lain atau jenis restoran yang berbeda guna menguji generalisasi temuan ini. Selain itu, peneliti dapat mempertimbangkan penambahan variabel lain untuk memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh customer delight dalam industri ini.

Item Type: Article
Kata Kunci: Employe Effort, Service Quality, Servicescape, Customer Delight
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Penjuanlan. Pembelian. Tenaga penjual. Sales. tenaga marketing.
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mrs Evana Andriani
Date Deposited: 13 Jun 2025 23:01
Last Modified: 13 Jun 2025 23:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item View Item