PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIANMELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 1 SOWAN KIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Astuti, Miranti Dwi (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIANMELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 1 SOWAN KIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (415Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (125Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (197Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (230Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (958Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (193Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (66Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (72Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3683Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Astuti, Miranti Dwi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas IV SD 1 Sowan Kidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd, (II) Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika, Perkalian dan Pembagian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas IV SD 1 Sowan Kidul diantaranya: (1) Siswa tidak berani untuk menyampaikan pendapat dalam proses belajar mengajar, 2) Kurangnya interaksi aktif antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru, 3) Siswa belum melakukan diskusi sebagai wujud dari komunikasi, 4) Pembelajaran matematika tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Masalah tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Sowan kidul. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL agar tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota (keluarga, masyarakat dan bangsa). Dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih kongkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih menyenangkan dan lebih bermakna. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar yang menggembirakan. Kondsi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 40% dengan rata-rata 62,93 meningkat pada siklus I menjadi 57% dengan rata-rata 71,53 dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan rata-rata 81,07. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 1,92 dengan kategori ”cukup”. Meningkat pada siklus II menjadi 2,6 dengan kriteria “ baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 2,11 dengan kriteria “ cukup” dan meningkat pada siklus II menjadi 3,21 dengan kriteria “baik”. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SD 1 Sowan Kidul. Penulis menyarankan bagi para guru sekolah dasar untuk menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika, Perkalian dan Pembagian.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:02
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:02
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2466

                    Actions (login required)

                    View Item