MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 4 DERSALAM KABUPATEN KUDUS

Halimsaputra, - (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 4 DERSALAM KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (501Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (161Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (525Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (438Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (754Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (224Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (106Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (97Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2953Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Saputra, Halim. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD 4 Dersalam. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dr. Murtono, M. Pd, (II) Yuni Ratnasari, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Eksperimen Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPA siswa yang rendah. Rendahnya hasil belajar IPA siswa tersebut terdapat pada siswa kelas V SD 4Dersalam yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Hal ini ditandai dengan pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak berorientasi pada kenyataan. Suasana belajar IPAyang cenderung membosankan menyebabkan siswa sulit mempelajari mata pelajaran IPA, pada akhirnya siswa kurang tertarik waktu mengikuti pembelajaran IPA, serta hasil belajar IPA rendah.Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan “seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V semester IISD 4Dersalammateri sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen”. Berpijak dari latar belakang tersebut, permasalahan dalam penelitian dirumuskan, bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Apakah pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkat. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 25% dengan rata-rata 60,2 meningkat pada siklus I menjadi 65% dengan rata-rata 71,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan rata-rata 76,68. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan poin rata-rata 4 dengan kategori “baik”, pada siklus II meningkat menjadi 4,3 poin dengan kriteria “sangat baik”.Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 71,25 dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 78,31 dengan kategori “baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen yang dapat meningkatkan hasil belajarmata pelajaran IPA siswa, aktivitas belajar siswa, sertaketerampilan guru dalam pembelajaram.Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan metode eksperimen. Selanjutnya siswa dapatkesempatan untuk melakukan kegiatan eksperimen secara mandiri dan salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran IPA di sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Eksperimen
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:03
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:03
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2467

                    Actions (login required)

                    View Item