Nasution, Nabil Zakki (2025) Eksperimen pemanen thermal energi dengan generator thermoelectric tipe – sp1848 – 27145 sa pada disc brake. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kinerja dari sistem rem cakram yang mengandalkan penyerapan energi kinetic menjadi energi panas. Eksperimen ini bertujuan untuk pengaplikasian energi panas yang dipanen dari kinerja sistem pengereman dengan peltier termoelektrik tipe SP-1848 menggunakan mesin uji pengereman berskala laboratorium. Dalam eksperimen ini kanaikan suhu akibat dari proses pengereman didefinisikan sebagai temperatur panas pada termoelektrik dan pada suhu heatsink didefinisikan sebagai temperatur dingin termoelektrik. Sistem pemanen ini diterapkan dalam sebuah model rem cakram, eksperimen ini diperlukan simulasi numerik dengan software Ansys Steady State Thermal untuk menganalisa distribusi panas proses pengereman dan Ansys Thermal Electric untuk menganalisa output tegangan pada sebuah model termoelektrik, eksperimen ini dilakukan dengan pembebanan pada pedal 1,5, 1,75, 2, dan 2,25 kg dengan waktu 50 detik, sehingga mempunyai variable putaran pengereman, yakni : 1132,5, 1028,333, 995, 979,167 putaran. Hasil eksperimen menunjukkan semakin tinggi nilai gradien temperatur, maka semakin tinggi tegangan keluaran pada termoelektrik. Temperatur maksimal tiap variabel eksperimen pada permukaan cakram masing-masing 92,5, 97,9, 107,6, dan 114,8℃. Sedangkan tegangan keluaran tiap termoelektrik pada masing-masing variabel 0,21, 0,31, 0,405, 0,57 volt.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Zidni Hudaya, S.T., M.Eng. Dosen Pembimbing : 2. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T. |
Kata Kunci: | Rem Cakram, Termolektrik, Sistem Konversi Energi, Ansys. |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik > Mekanika yang diterapkan pada mesin. Dinamika mesin Teknologi > Teknik mesin dan mekanik |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
