MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD 3 BACIN KUDUS

Wakhid, Burhanuddin (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD 3 BACIN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (683kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (36kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (77kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4 ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (829kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (25kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Wakhid, Burhanuddin. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SD 3 Bacin Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing : (i) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S. Pd.,M. Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Jigsaw. Kenyataannya pembelajaran IPS pada kelas tinggi khususnya di SD 3 Bacin tidaklah mudah karena standar kompetensi dan kompetensi dasarnya sarat akan materi, disamping itu cakupannya luas dan perlu hafalan..Tujuan dalam penelitian ini ialah :“ Meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas IV SD 3 Bacin Kudus pada materi menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Model Jigsaw merupakan model pembelajaran dimana langkah langkahnya yaitu (1) Siswa dibagi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang), (2) materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sub bab, (3) setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya, (4) anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikannya, (5) setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya, (6) pada pertemuan dan diskusi kelompok asal, siswa-siswa dikenai tagihan kuis berupa LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dari kedua siklus berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre test 40, 47 dan ketuntasan klasikal 22%. Rata-rata Siklus I 62, 39. Ketuntasan klasikal 57% aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan prosentase keterampilan guru sebesar 66% dalam kategori cukup. Pada Siklus II rata-rata kelas 73, 91. Ketuntasan klasikal 83% aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan prosentase keterampilan guru sebesar 84% dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini ialah hasil belajar IPS dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas IV SD 3 Bacin Kudus mengalami peningkatan. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan: bagi guru: guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan baik sehingga hasil belajar dan keterampilan siswa dapat meningkat. Bagi siswa : menumbuhkan semangat kerjasama siswa, keterlibatan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, peduli pada teman-temannya, meningkatkan rasa penerimaan siswa terhadap orang lain,dan saling membantu dalam belajar. Bagi peneliti : Perlu diadakan penelitian lanjutan sebagai pengembangan dari penelitian ini pada mata pelajaran yang lain dengan model pembelajaran Jigsaw.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Jigsaw.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Mar 2014 03:10
Last Modified: 26 Mar 2014 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item View Item