UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 BAE KUDUS

Rahmawan, Zulfi (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (861kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (837kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Rahmawan, Zulfi. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bae Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning Tipe STAD Permasalahan dalam pembelajaran IPS di SD 2 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru yaitu cara penyampaian guru menggunakan teknik ceramah. Siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, hasil belajar IPS Kelas IV SD 2 Bae Kudus. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini maka diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD yaitu siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bae Kudus dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS pada materi menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat ? “. Tujuan penelitian ini adalah menemukan peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bae Kudus dengan digunakannya model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terdiri atas lima komponen utama yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual, rekognisi tim. IPS mata pelajaran dari penyederhanaan disiplin ilmu-ilmu sosial yang diajarkan di SD untuk tujuan pendidikan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu “penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada kelas IV SD 2 Bae Kudus materi menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahap tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Bae Kudus dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Ketuntasan siswa dalam belajar mengalami kenaikan, pada siklus I yaitu 60% siklus II mengalami peningkatan yaitu 85%. Aktivitas siswa pada siklus I memperolehan rata-rata 58,93% mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 73,11%. Observasi situasi dan kondisi kelas pada siklus I memperolehan rata-rata adalah 55,25 % dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 75,00%. Pada pengelolaan guru dalam menggunakan model pembelajaran Coperative Learning tipe STAD pada siklus I memperolehan rata-rata adalah 67,42 % mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 78,62%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD pada pembelajaran IPS di SD 2 Bae Kudus dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah yang pertama sebaiknya model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dilaksanakan untuk kelas kecil (jumlah siswa antara 20-30 siswa). Kedua guru hendaknya menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa tertarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning Tipe STAD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Mar 2014 03:48
Last Modified: 28 Mar 2014 03:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item