PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI JARAK DAN KECEPATAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN NGEGOT DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wijayanti, Vika (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI JARAK DAN KECEPATAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN NGEGOT DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Wijayanti, Vika. 2014. Penerapan Pendekatan PMRI Pada Materi Jarak dan Kecepatan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Ngegot Demak. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing (i) Drs. Masturi, M.M, (ii) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Pendekatan PMRI, hasil belajar matematika, jarak dan kecepatan Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Ngegot Demak yang diperoleh dari data observasi awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Ngegot Demak? 2) apakah penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V SDN Ngegot Demak? 3) apakah penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan dapat meningkatkan aktivitas guru kelas V SDN Ngegot Demak? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Ngegot Demak melalui penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan 2) meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V SDN Ngegot Demak melalui penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan 3) meningkatkan aktivitas guru kelas V SDN Ngegot Demak melalui penerapan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan. PMRI merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika dimulai dari permasalahan realistik yang menekankan pada penyelesaian masalah secara informal sebelum menggunakan cara formal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan PMRI pada materi jarak dan kecepatan, maka hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru di kelas V SDN Ngegot Demak tahun pelajaran 2013/2014 meningkat. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngegot Demak. Jumlah siswa sebanyak 45 orang, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah pendekatan PMRI dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan PMRI pada proses pembelajaran matematika, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 59,33 dengan ketuntasan klasikal 40%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 72,13 dengan ketuntasan klasikal 71,11%, pada siklus II hasil belajar matematika siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 82,28 dan ketuntasan klasikal 91,11%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PMRI mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,5 dengan kriteria ”baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,26 dengan kriteria “sangat baik”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,875 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,675 dengan kriteria “sangat baik.” Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Ngegot Demak dapat meningkat setelah diterapkannya pendekatan PMRI. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan pendekatan PMRI pada mata pelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI, hasil belajar matematika, jarak dan kecepatan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Mar 2014 03:59
Last Modified: 28 Mar 2014 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item