PHK dalam Sistem Kontrak dan Permasalahannya di Era Reformasi

Utomo, Joko dan -, Sutono (2007) PHK dalam Sistem Kontrak dan Permasalahannya di Era Reformasi. Analisis Manajemen, 2 (1). pp. 33-40. ISSN 1411-1799

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (109Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    Bila kebijakan perburuhan reformasi yang membatasi buruh beridiologi pembangunanisme, maka dengan UU 25 tahun 1997 dan tiga undang-undang turunannya tersebut, kebijakan ini dilanggengkan dengan tambahan motivasi dari tekanan lembaga keuangan internasional untuk kepentingan pasar. Kebijakan tersebut tentu perlu infrastruktur dan undang-undang alat yang paling tepat untuk melegistimasinya. Karenanya tidak heran bila filosofi dasar tiga undang-undang perburuhan tersebut memiliki kesamaan yaitu mengurangi bahkan melepaskan peran Negara dalam hubungan buruh majikan. Dengan asumsi liberarisasi pasar maka intervensi pemerintah dalam bentuk perlindungan terhadap buruh akan menjadi hambatan. Karenanya nasib buruh diserahkan pada mekanisme pasar atau dengan kata lain buruh yang bias dianalogikan sebagai semut harus bertarung dengan gajah dengan senjata yang harus sama.

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: perburuhan, sistem kontrak, orde baru dan reformasi
    Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Manajemen personel. Manajemen sumber daya manusia. Manajemen tenaga kerja.
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 15 May 2012 09:02
    Last Modified: 15 May 2012 09:02
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/261

    Actions (login required)

    View Item