Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SD N 1 Kaliputu.

Kusumaningrum , Regina Nungky (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SD N 1 Kaliputu. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
Hal_sampul.pdf - Accepted Version

Download (249kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6kB) | Request a copy

Abstrak

Kusumaningrum, Regina Nungky. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SD N 1 Kaliputu. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Mila Roysa, M.Pd. Kata Kunci: Membaca Puisi, Kancing Gemerincing, Media Audiovisual. Kemampuan membaca sebagai salah satu dari empat kemampuan berbahasa yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, perhatian terhadap pembelajaran membaca perlu ditingkatkan. Hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas V SD Negeri 1 Kaliputu diperoleh informasi bahwa kemampuan membaca puisi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan, siswa tidak berani tampil karena mereka merasa malu, takut dan gugup. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas V semester 1 SD Negeri 1 Kaliputu melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing berbantuan media audiovisual? Maka tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas V semester 1 SD Negeri 1 Kaliputu melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing berbantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe kancing gemerincing dan media audiovisual. Pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe kancing gemerincing mempunyai kegunaan yaitu memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berperan serta dan berkontribusi pada kelompoknya masing-masing. Adapun keuntungan menggunakan media audiovisual yaitu sebagai alat untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Keterlibatan siswa mendapat kesempatan untuk berkontribusi pada kelompoknya dan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga kemampuan membaca puisi meningkat secara signifikan. Penelitian ini mengikuti penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes tertulis, tes kinerja, observasi, wawancara, angket, dokumentasi foto dan dokumentasi video. Bentuk instrument penelitian ini yaitu instrument tes tertulis, tes kinerja, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini memenuhi semua indikator keberhasilan, (1) skor rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran memperoleh skor rata-rata 8,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,8 dengan kategori sangat baik pada siklus II, (2) skor rata-rata keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe kancing gemerincing memperoleh skor rata-rata 41 pada siklus I dan meningkat menjadi 43,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II, (3) nilai kemampuan siswa membaca puisi dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 68% menjadi 94% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe kancing gemerincing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dan kemampuan membaca puisi. Peneliti dapat memberikan saran kepada (1) siswa, media audiovisual seperti videoklip lagu anak-anak dapat menjadikan alternative untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi, (2) guru, model kooperatif tipe kancing gemerincing dan media audiovisual dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran membaca puisi, (3) sekolah, hasil dari penelitian ini bisa dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kemampuan membaca puisi sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi, (4) peneliti selanjutnya, untuk menerapkan model kooperatif tipe kancing gemerincing berbantuan media audiovisual peneliti harus memilih materi yang cocok dengan media audiovisual.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Mila Roysa, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Membaca Puisi, Kancing Gemerincing, Media Audiovisual.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Mar 2014 02:34
Last Modified: 29 Mar 2014 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item