Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Kelas XI AP 2 SMK I PGRI Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.

Ani, Isih Nur (2014) Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Kelas XI AP 2 SMK I PGRI Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (440Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (182Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (240Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (353Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (354Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (120Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (98Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (221Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (980Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Ani, Isih Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Kelas XI AP 2 SMK I PGRI Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., 2. Drs. Masturi MM. Kata Kunci: Disiplin Belajar; Konseling Kelompok Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMK I PGRI Mejobo Kudus bahwa ada beberapa siswa kelas XI AP 2 yang disiplin belajarnya rendah. Rendahnya rendahnya disiplin belajar siswa disebabkan siswa banyak bermain-main dan sering mengganggu teman-temannya saat pelajaran, siswa sering terlambat datang kesekolah, dan kurang perhatiannya orang tua dalam mengontrol disiplin belajar anaknya. Oleh karena itu diperlukan layanan konseling kelompok untuk disiplin belajar siswa yang belum baik. Permasalahan yang diteliti: apakah melalui konseling kelompok dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas XI AP 2 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dan Diperoleh peningkatan disiplin belajar siswa kelas XI AP 2 SMK PGRI I Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui layanan konseling kelompok. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1 Bagi Kepala Sekolah, Dapat untuk memperbaiki proses pembelajaran, penambahan sarana dan prasarana agar dapat meningkatkan disiplin belajar siswa, 2 Bagi Guru BK (Konselor), Dapat digunakan sebagai acuan guru pembimbing untuk membantu siswa yang mempunyai disiplin belajar siswa yang rendah rendah melalui penerapan layanan konseling kelompok, 3 Bagi Siswa, Memberikan pengetahuan tentang layanan konseling keloompok dalam meningkatkan disiplin belajarnya, 4 Bagi peneliti, Sebagai sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya dengan pemberian layanan konseling kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 2 SMK I PGRI Mejobo Kudus, sebanyak 6 siswa yang mempunyai disiplin belajar rendah diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Konseling Kelompok (Variabel bebas) dan Disiplin Belajar (Variabel terikat). Metode pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, 3 siswa dalam kategori “rendah” dan 3 siswa dalam kategori “Sangat Rendah” (Disiplin Belajar siswa sebelum tindakan sebesar 36%). Hasil analisis motivasi belajar siklus I etika moral siswa meningkat, 3 siswa dalam kategori “Cukup” dan 3 siswa dalam kategori “Tinggi”. (Disiplin Belajar siswa pada siklus I sebesar 65%) terjadi peningkatan sebesar 29%. Sedangkan hasil analisis etika moral siswa pada siklus II, 3 siswa dengan kategori “Tinggi” dan 3 siswa dengan kategori “Sangat Tinggi”. (Disiplin Belajar siswa pada siklus II sebesar 84%) terjadi peningkatan sebesar 19% dari siklus I. sehingga kesluruhan dari 2 siklus terjadi peningkatan 48% dan semua siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningakatkan etika moral siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum. Saran yang diberikan 1 Bagi kepala sekolah diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus., 2 Bagi siswa hendaknya mengerti akan pentingnya disiplin belajar dalam menunjang prestasi belajarnya di sekolah, 3 Guru diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan disiplin belajar dan dapat membantu dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yang rendah, 4 Bagi Peneliti Selanjutnya, menyadari masih ada kekurangan pada beberapa bagian yang digunakan untuk membantu proses layanan konseling kelompok. Untuk itu diharapkan bagi para peneliti yang berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan dalam upaya meningkatkan disiplin belajar agar lebih selektif dan lebih sempurna untuk diberikan pada siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., 2. Drs. Masturi MM.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Disiplin Belajar; Konseling Kelompok
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 29 Mar 2014 11:44
                    Last Modified: 29 Mar 2014 11:44
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2629

                    Actions (login required)

                    View Item