UPAYA MENINGKATKAN ETIKA MORAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWAKELAS VIII A MTs IHYAUL ULUM JEKULOKUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Inawaroh, Ita (2014) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA MORAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWAKELAS VIII A MTs IHYAUL ULUM JEKULOKUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (443kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (93kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Inawaroh, Ita. 2014. Upaya Meningkatkan etika moral melalui Layanan Konseling Kelompok pada siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum Jekulo Kudus Pelajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., 2. Drs. Sunardi Kata Kunci: Etika Moral; Konseling Kelompok Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di MTs Ihyaul Ulum Jekulo Kudus bahwa ada beberapa siswa kelas VIII yang etika moralnya rendah. Rendahnya etika moral siswa disebabkan oleh kurangnya perhatian dari keluarga, sahabat, teman, maupun dari pihak sekolah dalam hal ini bapak/ibu guru. Oleh karena itu diperlukan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan etika moral siswa yang belum baik. Permasalahan yang diteliti: apakah melalui layanan konseling kelompok dapat menigkatkan etika moral pada siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum Jekulo Kudus Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan etika moral siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan koseling kelompok dan Diperoleh peningkatan etika moral siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum Jekulo Kudus Tahun 2012/2013 melalui koseling kelompok. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini dapat dapat memberikan wawasan keilmuan yang berkaitan dengan koseling kelompok dan etika moral siswa. 2. Kegunaan Praktis: 1 Bagi Kepala Sekolah, Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan BK di sekolah, 2 Bagi Guru BK (Konselor), Dapat digunakan sebagai acuan guru pembimbing dalam membantu siswa yang mempunyai etika moral rendah melalui penerapan layanan konseling kelompok, 3 Bagi Siswa, Memberikan pengetahuan tentang layanan konseling keloompok dalam meningkatkan etika moralnya, 4 Bagi peneliti, Sebagai sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya dengan pemberian layanan konseling kelompok dalam meningkatkan etika moral siswa. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum Jekulo Kudus, sebanyak 6 siswa yang mempunyai etika moral rendah diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Konseling Kelompok (Variabel bebas) dan Etika Moral (Variabel terikat). Metode pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, 3 siswa dalam kategori “rendah” dan 3 siswa dalam kategori “Sangat Rendah” (etika moral siswa sebelum tindakan sebesar 51%). Hasil analisis motivasi belajar siklus I etika moral siswa meningkat, Kondisi siswa= 3 siswa dalam kategori “cukup” dan 3 siswa dalam kategori “Tinggi”. (Etika moral siswa pada siklus I sebesar 67%) terjadi peningkatan sebesar 16%. Sedangkan hasil analisis etika moral siswa pada siklus II, 3 siswa dan skor kategori tinggi sebanyak 3 siswa. (etika moral siswa pada siklus II sebesar 85%) terjadi peningkatan sebesar 18% dari siklus I. sehingga kesluruhan dari 2 siklus terjadi peningkatan 34% dan semua siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningakatkan etika moral siswa kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum. Saran yang diberikan 1 Bagi kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik, 2 Bagi siswa hendaknya mengerti akan pentingnya etika moral dan siswa mempunyai tanggung jawab yang besar menjadi seorang pelajar agar kelak menjadi orang yang sukses, 3 Guru pembimbing hendaknya melaksanakan kegiatan konseling kelompok pada saat jam kegiatan bimbingan dan konseling, 4 Bagi Peneliti Selanjutnya, bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih inovatif dalam memberikan layanan konseling kelompok misalnya disertai dengan permainan yang mendidik dan menarik sehingga siswa menjadi lebih bersemangat.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Etika Moral; Konseling Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Apr 2014 03:19
Last Modified: 01 Apr 2014 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item