Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Kelas IV SD 3 Panjunan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.

Fitriana, Novi (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Kelas IV SD 3 Panjunan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (606Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (94Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (286Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (340Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1753Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (355Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
              Download (108Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (24Mb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Fitriana, Novi. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Kelas IV SD 3 Panjunan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd.Kons., (ii) Ika Oktavianti, M. Pd. Kata-kata kunci: Model pembelajaran, prestasi belajar IPS Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini berawal dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajarnya rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang diterapkan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi sumber daya alam di Indonesia siswa kelas IV SD 3 Panjunan kecamatan kota kabupaten Kudus? Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan hasil penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi sumber daya alam di Indonesia siswa kelas IV SD 3 Panjunan kecamatan Kota kabupaten Kudus. Model Group Investigation merupakan model pembelajaran dimana siswa diberi kontrol dan pilihan penuh untuk merencanakan apa yang ingin dipelajari dan di investigasi melalui 6 tahap, yaitu (1). mengidentifikasikan topik dan mengatur murid ke dalam kelompok, (2). merencanakan tugas yang akan dipelajari, (3). melaksanakan investigasi, (4). menyiapkan laporan akhir, (5). mempresentasikan laporan akhir, (6). evaluasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 3 Panjunan pada kelas IV, dengan menggunakan desain model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc taggart. Variabel bebas yang diteliti yaitu Cooperative Learning tipe Group Investigation, sedangkan variabel terikatnya yaitu peningkatan prestasi belajar siswa materi sumber daya alam di Indonesia siswa kelas IV SD 3 Panjunan kecamatan kota kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode hasil pengukuran tes, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan siklus I ketuntasan klasikal mencapai 53,8%. nilai rata-rata kelas 71,3 dan Rata-rata hasil evaluasi kelompok 64,8. rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 75,1%. Rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok diperoleh nilai 77,6%. Pada siklus I rata-rata hasil pengelolaan guru diperoleh nilai 81,6%. Siklus II Rata-rata nilainya 89,7. Ketuntasan klasikal 84,6%, Rata-rata hasil evaluasi kelompok pada siklus II yaitu 89,8. Pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 90,4%. Rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok diperoleh nilai 91,7%. Rata-rata hasil pengelolaan guru 90,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi sumber daya alam di Indonesia siswa kelas IV SD 3 Panjunan kecamatan kota kabupaten Kudus. Saran yang diberikan untuk guru adalah agar diterapkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPS khususnya dan pembelajaran yang lain pada umumnya. Guru, sebaiknya dapat menambah variasi model pembelajaran misalnya model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd.Kons., (ii) Ika Oktavianti, M. Pd.
                  Uncontrolled Keywords: ata-kata kunci: Model pembelajaran, prestasi belajar IPS
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 07 Apr 2014 11:12
                  Last Modified: 07 Apr 2014 11:12
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2649

                  Actions (login required)

                  View Item