Teaching Listening with Right and Left Brain Thinking

Sulistyowati, Titis (2008) Teaching Listening with Right and Left Brain Thinking. Majalah Ilmiah Mawas, 19 (1). pp. 179-184. ISSN 0853 - 0335

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (88Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    Otak manusia terbagi dalam dua bagian, hemisphere kanan dan hemisphere kiri yang biasanya disebut otak kanan dan otak kiri. Kedua bagian otak tersebut bertanggung jawab atas pola–pola fikir yang berbeda, tetapi pada dasarnya mereka mendukung satu sama lain. Kebanyakan individu-individu mempunyai kecenderungan tertentu, pada salah satu model berfikir. Otak kiri berperan dalam, logika, analisa, bahasa, dan matematika, sebaliknya otak kanan berhubungan dengan rithme, kreativitas, warna, imajinasi, dan dimensi. Untuk itu sangatlah penting bagi sekolah-sekolah lebih berorientasi pada keseluruhan bagian otak dalam proses belajar-mengajar mereka, sekolah-sekolah harus memberikan rangsangan yang sama pada seni, kreativitas, dan kemampuan mengembangkan imajinasi, agar otak kanan dan otak kiri para murit berfungsi dengan optimal. Jadi sangatlah penting bagi para guru menemukan model pembelajaran baru yang lebih menekankan pada pemberian stimuli pada kedua belah otak muritnya, agar hasil belajar yang optimal dapat tercapai. Dalam artikel ini diberikan sedikit gambaran bagaimana menerapkan pola fakir otak kanan-otak kiri yang seimbang dalam pengajaran ‘listening’.

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: hemisphere, right brain, left brain, teaching listening
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
    Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 16 May 2012 12:18
    Last Modified: 03 Sep 2012 11:10
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/266

    Actions (login required)

    View Item