UpayaMeningkatkanHasilBelajarpada Mata Pelajaran IPS melalui Model PembelajaranInquiry pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliputu Kudus.

Darmanto, - (2014) UpayaMeningkatkanHasilBelajarpada Mata Pelajaran IPS melalui Model PembelajaranInquiry pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliputu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (632Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (257Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (232Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (471Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (188Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (114Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (161Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (103Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (17Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Darmanto. 2013. UpayaMeningkatkanHasilBelajarpada Mata Pelajaran IPS melalui Model PembelajaranInquiry pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliputu Kudus. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, (II) AisyahNurSayidatunNisa’,M. Pd. Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Inquiry Latar belakang masalah penelitian ini adalahhasilbelajar IPS siswa yang rendah, dikarenakansiswamerasabosanketikamempelajari IPS. Proses pembelajaran yang dilakukan guru masihbersifatkonvensional, tidakberorientasipadakenyataan. Suasanabelajar IPS yang cenderungmembosankanmenyebabkansiswasulitmempelajari IPS.Anak-anak SD beradapadatahapoperasionalkonkret, denganmenggunakan model pembelajaranInquirydiharapkandapatmembantumeningkatkanhasilbelajar IPS siswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmengetahuipeningkatanhasilbelajar IPSsiswakelas IV semester 2 SD Negeri 1 Kaliputu Kudus materiperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasisertapengalamanmenggunakannyadenganmenggunakan model pembelajaranInquiry”. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Subjekpenelitianiniyaitusiswakelas IV SD Negeri 1 Kaliputu Kudus.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiantindakankelas, yang terdiridariduasiklus. Masing-masingsiklusterdiriatastahapanperencanaantindakan(planning), pelaksanaantindakan(acting) danpengamatan(observing), dan yang terakhirrefleksi(reflecting).Metodepengumpulan data berupaobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanyaituanalisis data kuantitatifdankualitatif. Kondisiawalsiswasebelummelakukantindakanmendapatketuntasanklasikalsebesar25% dengan rata-rata 69meningkatpadasiklus I menjadi80% dengan rata-rata 75,9danpadasiklus II meningkatmenjadi 85% dengan rata-rata 79,8. Aktivitaskelompok siswasiswapadasiklus I mendapat rata-rata 86,5dengankategoribaikmeningkatpadasiklus II menjadi101dengankategorisangat baik. Padaaktifitasindividusiswapadasiklus I memperoleh rata-rata skor 80,91 dengankualifikasibaikdanpadasikluske II aktifitasindividumemperoleh rata- rata skor 92,08 dengankualifikasisangatbaikKeterampilan guru jugamengalamipeningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 29dengankategorisangat, padasiklus II meningkatmenjadi31dengankriteriasangat baik. Simpulanpadapenelitianiniadalahdenganmenggunakan model pembelajaranInquirydapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswa, yaitunilaievaluasisiswasebagaiaspekkognitif, danaktivitasbelajarsiswa, sertaketerampilan guru dalampembelajaransebagaiaspekafektifdanpsikomotor. Saran dalampenelitianinidiharapkanparapeneliti yang lain dapatmengembangkanpenelitianuntukmenggunakan model pembelajaran Inquirymaupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehinggahasilbelajarsiswadapatmeningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, (II) AisyahNurSayidatunNisa’,M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Inquiry
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 10 Apr 2014 11:13
                    Last Modified: 10 Apr 2014 11:13
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2681

                    Actions (login required)

                    View Item