PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA SENTER, BOLA LAMPU DAN KALENG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD 4 KALIREJO

Chayati, Titin Indah (2013) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA SENTER, BOLA LAMPU DAN KALENG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD 4 KALIREJO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL SAMPUL]
Preview
PDF (HAL SAMPUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (239kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model mind mapping berbantuan media senter, bola lampu dan kaleng bekas dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD 4 Kalirejo. (2) Menemukan peningkatan hasil belajar IPA dengan diterapkannya model mind mapping berbantuan media senter, bola lampu dan kaleng bekas pada siswa kelas V SD 4 Kalirejo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar IPA kelas V SD 4 Kalirejo sedangkan variabel tindakan adalah penerapan model mind mapping berbantuan media senter, bola lampu dan kaleng bekas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD 4 Kalirejo yang berjumalah 17 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dengan penggunaan model mind mapping berbantuan media senter, bola lampu dan kaleng bekas dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Kalirejo 2013. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil belajar IPA siswa pada setiap siklus. Sebelum tindakan (prasiklus) rata – rata kelas hasil belajar IPA adalah 60,8. Siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 hanya 2 siswa (11,75%) dan yang tidak tuntas ada 15 siswa (88,25%). Pada siklus I rata – rata kelas mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 70,5 dan sebanyak 12 siswa (71%) memperoleh nilai di atas KKM dan yang tidak tuntas ada 5 siswa (29%). Siklus II rata – rata kelas meningkat lagi menjadi 83,3 dengan 14 siswa (82%) yang memperoleh nilai di atas KKM dan yang tidak tuntas ada 3 siswa (18%). Pengelolaan guru dalam pembelajaran di kelas meningkat. Pada siklus I pengelolaan pembelajaran oleh guru memperoleh skor rata-rata 3 dengan kriteria baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pengelolaan guru dalam kelas mencapai skor rata-rata 3,3 dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut berpengaruh terhadap aktivitas siswa dan keaktifan siswa di kelas. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 22 dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat dengan mencapai skor rata-rata 28 dengan kriteria baik. Selain itu, keaktifan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 57 atau dengan kriteria memerlukan perbaikan. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa meningkat sebesar 70,4 dengan kriteria baik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa yang belajar tuntas dan hal tersebut terlihat pada siklus II yang telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 82% siswa yang belajar tuntas. Pengelolaan guru dalam kelas telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik, aktivitas belajar siswa dan keaktifan siswa di kelas baik. Oleh Karena itu, hasil belajar IPA siswa SD 4 Kalirejo telah melebihi indikator keberhasilan yaitu sebesar 75% yang terbukti meningkat dan dianggap berhasil setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media senter, bola lampu dan kaleng bekas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA SD 4 Kalirejo Kudus. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan antara lain: Bagi siswa: pada saat mengikuti proses pembelajaran, hendaknya siswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Bagi guru: apabila mengalami permasalahan pembelajaran yang identik seperti yang peneliti hadapi, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif misalnya model pembelajaran Mind Mapping dan menggunakan media yang kreatif sebagai alat untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Bagi sekolah: diharapkan memberikan dukungan kepada guru untuk lebih memvariasikan cara mengajar tidak hanya dalam mata pelajaran IPA, akan tetapi dalam semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan hendaknya sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan agar dapat mendukung kegiatan pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran agar tujuan pembeljaran tercapai.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1;Dr. Murtono, M.Pd., pembimbing 2;Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd
Kata Kunci: Model Mind Mapping, hasil belajar, IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Apr 2014 02:20
Last Modified: 12 Apr 2014 02:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item