PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTLUNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN REJOSARI 2 KARANGTENGAHDEMAK TAHUN 2012/2013

Zahro, Fatimatuz (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTLUNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN REJOSARI 2 KARANGTENGAHDEMAK TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL SAMPUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (521kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya hasil belajar IPA terhadap pelajaran IPA merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran yang masih konvensional. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, selain itu siswa hanya ditugaskan untuk menghafal dan menulis saja. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 2 Karangtengah Demak. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dipilih karena dalam langkah-langkah pembelajarannya mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa meningkat. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan teknik pengumpulkan datanya ialah tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar, pengelolaan kelas, dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 2 Karangtengah Demak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar serta nilai rata-rata pada setiap siklus. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 45% dengan nilai rata-rata klasikal 56,75 menjadi 55% dengan nilai rata-rata klasikal 63,25 pada siklus I. Persentase ketutasan belajarpada siklus II sebesar 95% atau terjadi peningkatan 40% serta nilai rata-rata klasikalnya yaitu 75,2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 2 Karangtengah Demak. Temuan dilapangan menunjukan, ada dua siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar sangat kecil jika dibandingkan dengan siswa yang lain meskipun telah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya dalam proses pembelajaran siswa tersebut mendapatkan perhatian yang intensif tanpa melupakan siswa yang lain. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar setiap guru menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning agar tercipta pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs. Masturi, M.M. Pembimbing 2:Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, CTL, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Apr 2014 03:50
Last Modified: 12 Apr 2014 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item