Mirnawati, - (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 2 BACIN KUDUS TAHUN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (662kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (261kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinidilatarbelakangiolehadanyaindikasihasilbelajar IPS siswa yang rendah yang terdapatpadasiswakelas IV SD 2 BacinKudus . Hal iniditandaidenganbeberapamasalahyaitupembelajaranberpusatpada guru, belumditerapkannya model Kontekstual, danmasihrendahnyahasilbelajar IPS siswa. Model CTL diharapkandapatmembantumeningkatkanhasilbelajar IPS siswa.Tujuandilaksanakanpenelitianiniialah (1) untukmenjelaskanimplementasi model CTL dalammeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas IV SD 2 Bacin, dan (2) untukmenjelaskanpeningkatanhasilbelajar IPS siswadenganditerapkannya model CTL padasiswakelas IV SD 2 Bacin. CTL merupakansalahsatu model yang dapatmembuatsiswabelajarlebihaktif, kreatifdanbermakna.CTL membantu guru mengkaitkanmateri yang diajarkandengansituasidunianyatasiswadanmendorongsiswamembuathubunganantarapengetahuan yang dimilikinyadenganpenerapannyadalamkehidupanmerekasebagaianggotakeluargadanmasyarakat. Metodepenelitian yang digunakanyaituPenelitianTindakanKelas (PTK) denganduasiklus yang menerapkan model CTL denganmenggunakandesain model PTK Stephen KemmisdanRobin Mc Taggartdenganlangkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasidan (4) refleksi.Teknikanalisis data kualitatifdankuantitatif.Instrumenpengumpulan data yang digunakanberupaobservasi, tes, catatanlapangandandokumentasi. Hasilpenelitiansiklus I pengelolaanpembelajaran guru mencapaipersentaseketuntasan 71,5% dengankriteria “baik” danmengalamipeningkatansiklus II menjadi 92,5% dengankriteria “sangatbaik”. Hasilbelajar IPS siswaranahkognitifpadasiklus I 72,22% danpadasiklus II meningkatmenjadi 94,44%. Hasilbelajar IPS ranahafektifsiswasiklus I mencapaipersentase 72,93% dengankriteria “baik” dansiklus II meningkatmenjadi 85,38% dengankriteria “sangatbaik”. Hasilbelajar IPS ranahpsikomotoriksiswasiklus I 71,5% dengankriteria “sangatbaik” dansiklus II meningkatmenjadi 86,1% dengankriteria “sangatbaik”. Simpulanpadapenelitianiniyaknidenganmenggunakan model CTL dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswabaikdariranahkognitif, afektifmaupunpsikomotoriksiswakelas IV SD 2 Bacin Kudus tahun 2013/2014.Dalamsetiap proses. Siswahendaknyaaktifdalampembelajarandankerjasamadiantarasiswadalamkelompokperlu.Diharapkanpeneliti yang akandatangdiharapkandapatdijadikanreferensidenganmenerapkan model CTL dengantopikpelestariansumberdayaalamdenganmateri yang lebihluas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd, Pembimbing 2:Ika Oktavianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL), SumberDayaAlam |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Apr 2014 04:04 |
Last Modified: | 12 Apr 2014 04:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2725 |
Actions (login required)
View Item |