PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BATEGEDE JEPARA

Rahmawati , Eny (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BATEGEDE JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL SAMPUL]
Preview
PDF (HAL SAMPUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (172kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 1 Bategede Jepara. Hal ini ditandai dengan peneliti melakukan observasi di kelas. Peneliti menemukan beberapa masalah diantaranya: (1) pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) siswa kurang antusias dalam belajar di kelas, (3) masih rendahnya hasil belajar IPA siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Snowball Throwing diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dengan model pembelajaran ini, siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam proses pembelajaran. Siswa juga merasa tertantang untuk menjawab pertanyaan dari pertanyaan yang dibuat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi daur air pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bategede Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD N 1 Bategede tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Bategede. Penelitian tindakan ini melalui dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindakan, observasi dan refleksi.Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Pada tahap pra siklus terdapat 43,5% siswa yang tuntas dengan rata-rata kelas mencapai 65,9. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I yaitu mencapai 67,3% dengan rata-rata 67,8 dan pada siklus II meningkat dengan persentase sebesar 89,1% dengan rata-rata mencapai 82,04. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,7 dengan kriteria penilaian “baik” meningkat pada siklus II mendapat skor rata-rata 3,35 dengan kriteria penilaian “sangat baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I dengan skor 2,58 dengan kriteria penilaian “baik” meningkat pada siklus II mendapat skor rata-rata 3,32 dengan kriteria penilaian “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, aktivitas belajar siswa serta pengelolaan pembelajaran guru. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif, yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, siswa akan lebih bersemangat dalam belajar. Kerjasama diantara siswa dalam kelompok perlu ditingkatkan agar pelaksanaan pembelajaran Snowball Throwing berjalan dengan lancar. Bagi siswa yang belum mencapai KKM hendaknya belajar lebih giat lagi. Peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih memahami langkah-langkah model pembelajaran cooperative tipe Snowball Throwing, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing 2:Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Snowball Throwing, Daur Air
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:16
Last Modified: 12 Apr 2014 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item