Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus Tahun Ajaran 2013/2014.

Hartatik, Tri (2014) Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (283kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (55kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang yang dikaji pada penelitian ini berawal dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang diterapkan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Model pembelajaran TPS (Think Pair Share) merupakan model pembelajaran, dimana siswa dapat aktif dengan pasangannya. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), Share (berbagi). Hasil belajar adalah hasil atau penilaian yang diterima oleh siswa dari proses pembelajaran yang telah berlangsung. Hasil belajar meliputi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomtor. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus. Jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Variabel bebas yang diteliti yaitu model pembelajaran TPS (Think Pair Share), sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa materi perkembaangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode hasil pengukuran tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian kondisi awal siswa sebelum dilakukan tindakan mendapatkan ketuntasan klasikal sebesar 42,9% dengan rata-rata nilai 56,4 meningkat pada siklus I menjadi 57,1% dengan rata-rata nilai 63,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,7% dengan rata-rata nilai 79,3. Aktivitas belajar siswa secara individu pada persentase klasikal siklus I mendapat 76,1% dengan kategori baik meningkat menjadi 88% di siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase klasikal kinerja guru pada siklus I mendapatkan 72,5% dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kategori sangat baik. Hasil penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus. Saran yang diberikan untuk guru adalah agar diterapkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPS khususnya dan pembelajaran yang lain pada umumnya. Guru, sebaiknya dapat menambah variasi model pembelajaran misalnya model pembelajaran TPS (Think Pair Share).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (i) Dra. Sumarwiyah, M.Pd.Kons., (ii) Ika Oktavianti,M. Pd.
Kata Kunci: Kata-kata kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Apr 2014 04:46
Last Modified: 15 Apr 2014 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item