PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS V SD 4 KARANGMALANG

Palupi, Fitriani Retno (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS V SD 4 KARANGMALANG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (802kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (389kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (974kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (194kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD 4 Karangmalang yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Hal ini ditandai dengan beberapa masalah diantaranya: (1) Pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) Siswa kurang antusias atau pasif dalam proses pembelajaran, (3) Masih rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning dengan media permainan ular tangga pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD 4 Karangmalang Gebog Kudus. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata dalam pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah sehingga siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Media permainan ular tangga adalah media dalam bentuk permainan ular tangga yang membantu penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika materi volume kubus dan balok. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yaitu dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan menunjukkan sebesar 42,86% yang memenuhi KKM, pada siklus I meningkat menjadi 64,29% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,72%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat skor klasikal sebesar 60,94 dengan kriteria penilaian “cukup baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 84,38 dengan kriteria penilaian “sangat baik”. Pengelolaan pembelajaran guru Pada siklus 1 diperoleh skor klasikal 73,13 dengan kriteria penilaian “baik” dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 91,25 dengan kriteria penilaian “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa serta pengelolaan pembelajaran guru. Saran dalam penelitian ini adalah dalam setiap proses pembelajaran diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media ular tangga maupun model pembelajaran yang lain sesuai dengan karakteristik siwa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru hendaknya membiasakan memberikan soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan dunia nyata siswa. Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kerjasama diantara siswa dalam kelompok perlu ditingkatkan agar pelaksanan pembelajaran PBL dengan media ular tangga berjalan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing 2:Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, media ular tangga, Volume Kubus dan Balok.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 16 Apr 2014 02:15
Last Modified: 16 Apr 2014 02:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item