Peluang, Tantangan dan Ancaman bagi UMKM Indonesia dalam Era CAFTA dan ME-ASEAN 015

Tambunan, Tulus TH (2012) Peluang, Tantangan dan Ancaman bagi UMKM Indonesia dalam Era CAFTA dan ME-ASEAN 015. Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis: memberdayakan UMKM dalam meninkatkan kesejahteraan masyarakat menghadapi persaingan global. pp. 1-14.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (1MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Tulisan ini adalah sebuah penelitian singkat yang bertujuan mengkaji seberapa besar kemungkinan tantangan, peluang dan bahkan ancaman yang dihadapi UMKM Indonesia dalam era pasar bebas. Khususnya akibat penerapan kesepakatan pasar bebas antara ASEAN dengan China (CAFTA) dan pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN (ME-ASEAN) pada tahun 2015 nanti. Penelitian yang bersifat deskriptif ini didasarkan pada analisis data sekunder khususnya data BPS dan studi literatur kunci mengenai dampak dari liberalisasi perdagangan terhadap UMKM. Analisa ini cenderung menyimpulkan bahwa secara umum UMKM di Indonesia berpotensi “terkalahkan” di dalam persaingan di pasar tunggal ASEAN.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: UMKM, CAFTA, ME-ASEAN. Daya Saing, Ekspor, UB.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri kecil & menengah
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri kecil & menengah > UMKM, Usaha kecil dan menengah, kerajinan, karya seni
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 25 May 2012 02:11
Last Modified: 25 May 2012 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item