UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA GAMBAR/VIDEO DI SMP N 6 PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yussuf, M Rahadian (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA GAMBAR/VIDEO DI SMP N 6 PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Sampul]
Preview
PDF (Hal Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan pada guru pembimbing,maka dapat dilakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Motivasi dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar siswa, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi / memuaskan suatu kebutuhan. Dalam konteks pembelajaran maka kebutuhan tersebut berhubungan dengan kebutuhan untuk pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah layanan informasi dengan menggunakan media gambar/video dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati Tahun 2012/2013’’?. Tujuan penelitian :1 Mendiskripsikan motivasi belajar sebelum dan sesudah layanan informasi di berikan pada siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati.2. Diperolehnya peningkatan motivasi belajar kearah yang lebih baik sesudah diberikannya layanan informasi kepada siswa. Manfaat penelitian : 1.Manfaat Teoritis, penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan disekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Manfaat Praktis :Bagi Sekolah:1.Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai cara awal dalam rangka peningkatan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling pada diri siswa mengenai motivasi belajar.2.Bagi Guru BK, dengan adanya penelitian ini Guru BK dapat menerapkan layanan informasi melalui media gambar/video pada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dimasa sekarang dan yang akan datang.3.Bagi Siswa,diharapkan timbulnya motivasi dalam belajar melalui media yang menarik. Ruang Lingkup Penelitian: membahas mengenai peningkatan motivasi belajar siswa, yang akan di lakukan pada siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati, semester I tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dibatasi pada kompetensi dasar menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat, baik sementara maupun tetap. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data: Observasi sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa terdiri dari satu kelas yang memiliki motivasi belajar rendah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Layanan informasi dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati Tahun pelajaran 2012/2013”. Hasil Penelitian : Meningkatnya Motivasi belajar siswa dari pra tindakan 39,84% menjadi 45,12% pada siklus I dan terjadi peningkatan dari Siklus I ke Siklus II yaitu 45,12% menjadi 58,16%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Layanan informasi dapat meningkatkan Motivasi belajar pada siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati Tahun pelajaran 2012/2013” diterima karena memenuhi kriteria keberhasilan indikator. Simpulan. Dari hasil penelitian pada siklus I dan II dapat di ketahui hasil peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII-1 SMP N 6 Pati tahun pelajaran 2012/213. Pada siklus II ini ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata 45,12%, pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 58,16%, terjadi peningkatan sebesar 13%. Berdasarkan hasil wawancara dari Guru kelas dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan informasi, motivasi belajar siswa kelas VII-1 sudah mulai ada peningkatan, sebagian siswa sudah memiliki motivasi belajar yang baik, bersikap obyektif, siswa percaya diri, siswa sudah memiliki rasa tanggung jawab, dan siswa juga sudah bisa memiliki rasa simpati dan empati terhadap teman, dan juga memiliki sikap kemandirian. Berdasarkan simpulan diatas, penulis menyampaikan saran kepada: 1.Bagi Sekolah (penyelenggara pendidikan) Sekolah atau lembaga perlu adanya kerja sama yang baik dengan anggota keluarga sekolah (kepala sekolah, guru, dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan pribadi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. 2.Siswa: Pelaksanaan layanan informasi dalam bimbingan dan konseling yang di terapkan di sekolah juga bisa juga menambah informasi yang baik pada siswa, untuk membangun motivasi belajar yang baik, sehingga siswa lebih optimis dan percaya diri dalam segala hal yang berkaitan dengan prestasi belajar. 3.Guru/ Pembimbing: Guru pembimbing hendaknya mampu memberikan layanan informasi dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mencerdaskan secara optimal sesuai dengan kondisi siswa sehingga guru mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan klasikal dengan maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Drs.Sabar Rutoto, M.Pd. Pembimbing 2:Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Informasi; Motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Apr 2014 03:47
Last Modified: 19 Apr 2014 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item