PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 7 KLUMPIT KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

Asih Diyah Arini, Putri (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 7 KLUMPIT KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (964Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (169Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (256Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (563Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (463Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (194Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (101Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (106Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Masalah yang menjadi alasan dilaksanakannya penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa. Guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini yaitu apakah penerapan Problem Based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun pelajaran 2012/2013? Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada masalah dunia nyata untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model sisi yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut. Hipotesis penelitian ini adalah Model cooperative learning tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika soal cerita materi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan pelaksanaan PTK terdapat empat tahap mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan /observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen tes penelitian ini meliputi soal tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus diperoleh rata-rata 61,25 dengan persentase sebesar 40% dalam kategori sedang. Pada siklus I diperoleh rata-rata 69,25 dengan persentase sebesar 65% dalam kategori tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata 81,75 dengan persentase mencapai 95% dalam kategori sangat tinggi sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pre-test sampai dengan siklus II. Begitu juga pada aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I pertemuan ke 1 memperoleh persentase 46,7% kategori cukup dan pada pertemuan ke 2 memperoleh persentase 57,3% kategori masih cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan pertemuan ke 1 memperoleh persentase 69,4% kategori baik dan pada pertemuan ke 2 memperoleh persentase 81,50% kategori sangat baik. Pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan ke 1 memperoleh persentase 61% kategori baik, dan pertemuan ke 2 memperoleh persentase 69% kategori baik, pada siklus II pertemuan ke 1 memperoleh persentase 78% kategori sangat baik, dan pertemuan ke 2 memperoleh persentase 91% kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN 7 Klumpit Gebog Kudus. Penulis menyarankan bagi guru Sekolah Dasar sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penulis juga menyarankan kepada peneliti yang lain diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian yang lebih inovatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing 1:Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd Pembimbing 2:Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, dan hasil belajar matematika.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 19 Apr 2014 11:03
                    Last Modified: 19 Apr 2014 11:03
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2801

                    Actions (login required)

                    View Item