UPAYA MENGATASI KECEMASAN BERKOMUNIKASI MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX MTsN GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Faizah, Anik Nur (2014) UPAYA MENGATASI KECEMASAN BERKOMUNIKASI MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX MTsN GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (558Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (147Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (269Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (216Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (325Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (146Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (42Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (34Kb) | Tinjau ulang

                  Abstrak

                  Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berhubungan dengan orang lain yang menuntut selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lainnya dalam memenuhi kebutuhannnya. Kecemasan dapat terjadi dalam berbagai situasi, salah satunya adalah kecemasan yang dialami dalam lingkup komunikasi. Konseling kelompok adalah wawancara konseling antara konselor dan konseli sebagai pemimpin kelompok untuk memecahkan masalah dengan mempertimbangkan pribadi para anggota kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian sebagai berikut: “Apakah Konseling Kelompok dapat mengatasi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas IX MTsN Gajah Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 ?” Tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan kecemasan berkomunikasi siswa sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok pada siswa kelas IX MTsN Gajah Demak Tahun Pelajaran 2013/214. 2. Mengetahui seberapa besar penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalah kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas IX MTsN Gajah Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan yang diperoleh dan diharapkan dari penelitian tindakan BK ini sebagai berikut: 1. Teoritis: Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pegembangan konsep layanan bimbingan dan konseling, khususnya layanan yang menyangkut tentang upaya mengatasi kecemasan berkomunikasi melalui layanan konseling kelompok. 2. Praktis: a. Kepala sekolah: Dapat menjadi acuan bagi kepala sekolah agar dapat memfasilitasi guru pembimbing dan memberikan layanan bimbingan secara optimal. b. Guru pembimbing: Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling secara optimal, dan mengetahui betapa pentingnya layanan konseling kelompok bagi siswa untuk mengatasi kecemasan berkomunikasi. c. Siswa: Siswa dapat mengatasi masalah yang dialami, sehingga siswa dapat memperbaiki perilaku komunikasi yang kurang sesuai yang ada dalam dirinya. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Gajah Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 yang mengalami masalah kecemasan dalam berkomunikasi, seperti kurang percaya diri apabila berbicara di depan kelas, sering gugup dan canggung ketika berinteraksi dengan orang lain, kurang bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitan tindakan yang disusun dalam rancangan dua siklus. Siklus pertama direncanakan empat kali pertemuan dan siklus kedua juga dirancang dengan empat kali pertemuan. Penelitian ini berlangsung mulai 20 Januari 2014 hingga 10 Februari 2014. Alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi untuk mengetahui perbedaan kecemasan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah gabungan antara analisis data kuantitatif dan kualitatif agar dapat mengetahui keberhasilan dan kualitas keberhasilan. Hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus layanan konseling kelompok dimana masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan menunjukan pada tahap survei awal kemampuan dalam berkomunikasi siswa kelas IX MTs Negeri Gajah Demak tahun pelajaran 2013/2014 sangat kurang dengan skor rata-rata 25%, setelah diberi layanan konseling kelompok pada siklus I hasil skor menunjukan peningkatan pada skor rata-rata 63% dalam kategori cukup. Pada siklus II dengan tujuan mengatasi kecemasan siswa dalam berkomunikasi menjadi tinggi, atau siswa tidak lagi merasa cemas ketika sedang berkomunikasi dengan orang banyak, dengan skor rata-rata skor 92%. Berdasarkan uraian di atas maka hipotesis dalam peneliti ini yang berbunyi “layanan konseling kelompok efektif digunakan dalam mengatasi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas IX MTsN Gajah Demak Tahun Pelajaran 2013/2014” diterima karena teruji kebenarannya. Saran dari pihak peneliti sebagai berikut: (i) Kepala sekolah: Kepala sekolah dan guru bidang studi agar lebih memperhatikan siswa yang memiliki kecemasan dalam berkomunikasi, dengan memberikan latihan berkomunikasi dengan cara membuka waktu untuk berdiskusi pada saat pelajaran berlangsung. (ii) Guru Pembimbing: Agar guru pembimbing (Konselor) dapat membantu siswa dalam mengatasi kecemasan siswa dalam berkomunikasi melalui layanan konseling kelompok dan layanan konseling lainnya, sehingga siswa dapat berkembang dengan optimal. (iii) Siswa: Dengan konseling kelompok yang telah diadakan sekolah agar dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan dirinya khususnya dalam mengatasi kecemasan dalam berkomunikasi.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing I = Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons Pembimbing II = Drs. Masturi, MM.
                  Uncontrolled Keywords: Berkomunikasi, Konseling Kelompok.
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 11:03
                  Last Modified: 26 Apr 2014 11:03
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2809

                  Actions (login required)

                  View Item