Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SD 1 Rendeng Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.

Andini, Dian (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SD 1 Rendeng Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL)
Download (465kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (73kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar IPS siswa yang rendah, di karenakan siswa cenderung pasif dan bosan ketika mempelajari IPS. Proses pembelajaran masih banyak berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kudus. 2). Apakah ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penerapan Example Non Example pada materi kenampakan alam dan sosial budaya?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui proses model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kudus. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penerapan Example Non Example pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kota Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 43,47% dengan rata-rata 65,7 meningkat pada siklus I menjadi 56,5% dengan rata-rata 68,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,08% dengan rata-rata 74,3. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 2,25 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,86 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,52 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,15 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Example Non Example maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, (II) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S. Pd, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, model pembelajaran Example Non Example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Apr 2014 02:30
Last Modified: 25 Apr 2014 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item