Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SD 1 Rendeng Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.

Andini, Dian (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SD 1 Rendeng Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL)
Download (454Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (121Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (232Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (379Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (307Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (221Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (101Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (71Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar IPS siswa yang rendah, di karenakan siswa cenderung pasif dan bosan ketika mempelajari IPS. Proses pembelajaran masih banyak berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kudus. 2). Apakah ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penerapan Example Non Example pada materi kenampakan alam dan sosial budaya?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui proses model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kudus. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penerapan Example Non Example pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Rendeng Kota Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 43,47% dengan rata-rata 65,7 meningkat pada siklus I menjadi 56,5% dengan rata-rata 68,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,08% dengan rata-rata 74,3. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 2,25 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,86 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,52 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,15 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Example Non Example maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, (II) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S. Pd, M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, model pembelajaran Example Non Example
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 25 Apr 2014 09:30
                    Last Modified: 25 Apr 2014 09:30
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2840

                    Actions (login required)

                    View Item