Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Japan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Argaruri, Yanuardhana (2014) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Japan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (805Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (207Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (280Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (548Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1744Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (367Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (129Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (280Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3843Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual. Siswa kurang berminat dalam kegiatan berbicara dan siswa masih merasa malu berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu guru dalam mengajar keterampilan berbicara masih bersifat konvensional membuat pembelajaran berbahasa menjadi membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut, digunakan model pembelajaran dalam pembelajaran mengomentari persoalan faktual. Model pembelajaran bermain peran merupakan model simulasi bermain peran secara berkelompok untuk melatih siswa berkomunikasi dalam bentuk peragaan peristiwa secara bergiliran yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan aktivitas siswa dan kinerja guru kelas V SD Negeri 1 Japan serta untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual, dan (2) menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Japan dalam mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Hopkins dengan jumlah 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Japan dengan jumlah 13 siswa. Instrument yang digunakan adalah berupa tes performance dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan nilai keterampilan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing yang cukup signifikan antara prasiklus (23%), siklus I (62%), dan siklus II (85%) dan didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa di atas KKM (75) pada materi mengomentari persoalan faktual siklus I (54%) dan siklus II (92%). Aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Role Playing meningkat dari skor rata-rata siklus I 2,56 dengan kriteria baik menjadi 3,01 pada siklus II dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran dengan model role playing juga meningkat dari skor rata-rata siklus I 2,7 dengan kriteria baik menjadi 3,27 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara mengomentari persoalan faktual siswa kelas V SD Negeri 1 Japan. Untuk itu diharapkan siswa mengikuti pembelajaran berbicara dengan sungguh-sungguh, lebih berani, percaya diri, aktif dan kreatif agar siswa memiliki keterampilan berbicara yang baik. Bagi guru selalu mengembangkan kemampuan dirinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi misalnya, model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Bagi peneliti lain yang akan melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara untuk mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Role Playing yang sudah terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M.Pd., (2) Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 08:53
                    Last Modified: 02 May 2015 10:45
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2841

                    Actions (login required)

                    View Item