Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Kelas IV SDN 2 Kajar.

Argareza, Yanuardhani (2014) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Kelas IV SDN 2 Kajar. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (609Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (213Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (533Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (563Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (652Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (312Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (200Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (295Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Namun demikian, observasi peneliti di lapangan selama ini menunjukkan bahwa guru lebih banyak berfungsi sebagai instruktur yang sangat aktif dan siswa sebagai penerima pengetahuan yang pasif. Pembelajaran seperti ini membuat siswa pasif karena siswa berada pada rutinitas yang membosankan sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit dengan menerapkan pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas IV SDN 2 Kajar tahun 2013/2014. Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas berupa pembelajaran Group Investigation; dan variabel terikat berupa prestasi belajar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kajar yang berjumlah 15 siswa, 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit SDN 2 Kajar tahun 2013/2014. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa aspek kognitif yang diiringi dengan aspek afektif dan aspek psikomotor. Nilai rata-rata prestasi belajar aspek kognitif pada prasiklus sebesar 62, pada siklus I sebesar 69,4, dan pada siklus II sebesar 79. Persentase ketuntasan secara klasikal pada prasiklus sebesar 26,67%, pada siklus I sebesar 53,33%, dan pada siklus II sebesar 86,67%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Group Investigation juga meningkat dari skor rata-rata 2,41 pada siklus I dengan kriteria cukup baik menjadi 2,62 pada siklus II dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran Group Investigation juga meningkat dari skor rata-rata siklus I 2,69 dengan kriteria baik menjadi 3,1 pada siklus II dengan kriteria baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran dengan model Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran bagi guru, dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran yang terdapat di sekolah, dan untuk peneliti dapat menambah pemahaman tentang model pembelajaran Group Investigation dan laksanakan komponen-komponennya dengan baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: . Pembimbing: (1) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., (2) Khamdun, S.Pd., M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Group Investigation, Prestasi Belajar, IPA
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 10:09
                    Last Modified: 02 May 2015 10:44
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2848

                    Actions (login required)

                    View Item