Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas V MIN Kaliwungu Kudus.

Afrida, Lisa (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas V MIN Kaliwungu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (584Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (118Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (353Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (258Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (456Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (207Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (67Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (24Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS siswa yang rendah, dikarenakan siswa cenderung pasif dan bosan ketika mempelajari IPS. Proses pembelajaran masih banyak berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan straregi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) di kelas V MIN Kaliwungu Kudus. STAD (Students teams achievement division) adalah model pembelajaran yang dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Hal terpenting dalam penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MIN Kaliwungu Kudus. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Hipotesis penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peninggalan sejarah Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia pada siswa kelas V MIN Kaliwungu Kudus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MIN Kaliwungu Kudus Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelun tindakan ketuntasan klasikal sebesar 40,74% dengan rata-rata 63,92 meningkat pada siklus I menjadi 55,5% dengan rata-rata 67,96 dan siklus II meningkat menjadi 84,49% dengan rata-rata 74,62%. Aktivitas belajar siswa secara klasikal siklus I mendapat rata-rata 23 dengan ketegori cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan hasil, siklus I mendapatkan rata-rata 41 dengan kategori cukup baik, pada siklus II meningkat menjadi 54 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, baik aspek kognitif dan aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) maupun model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: . Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd, (II) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S. Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, model pembelajaran cooperative learning, student teams achivement division (STAD)
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 28 Apr 2014 09:59
                    Last Modified: 02 May 2015 10:43
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2858

                    Actions (login required)

                    View Item