STUDI KASUS PENERAPAN MODEL CLIENT CENTERED UNTUK MENGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN MADRASAH SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSELING CLIENT CENTERED PADA SISWA KELAS VI MI NAHDLATUL WATHON PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siswanto, - (2014) STUDI KASUS PENERAPAN MODEL CLIENT CENTERED UNTUK MENGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN MADRASAH SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSELING CLIENT CENTERED PADA SISWA KELAS VI MI NAHDLATUL WATHON PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (547kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (75kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (81kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Ketakutan terhadap ujian madrasah dapat menimbulkan kecemasan sehingga berpengaruh terhadap keberhasilan belajar khususnya pada ujian madrasah. Berdasrkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelas, peneliti mendapatkan siswa kelas VI MI Nahdltul Wathon Piji Dawe Kudus yang mengalami kecemasan terhadap ujian madrasah. Untuk mengatasi kecemasan siswa tersebut perlu mendapatkan bantuan berupa konseling individual menggunakan model konseling client centered. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah: 1) Apakah penerapan pendekatan konseling client centered efektif untuk mengatasi kecemasan menghadapi ujian madrasah pada siswa kelas VI MI Nahdlatul Wathon Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”? Tujuan dari penelitian: 1. Untuk menemukan penyebab kecemasan siswa terhadap ujian madrasah kelas VI MI Nahdlatul Wathon Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk menemukan cara mengatasi kecemasan siswa terhadap ujian madrasah yang dilakukan peneliti melalui pendekatan konseling clent centered pada siswa kelas VI MI Nahdlatul Wathon Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan Teoritis : 1) Meberikan wawasan keilmuan yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling disekolah. Kegunaan Praktisnya : 1) Kepala Sekolah : Memberikan masukan kepada kepala sekolah tentang pentingya memberikan layanan bimbingan dan konseling disekolah. 2) Guru Kelas : Menambah wawasan guru kelas dalam memberikan bimbingan kepada siswa. 3) Siswa : Membantu siswa memperoleh informasi dan mampu mengenal gejala kecemasan. 4) Orang Tua : Membantu orang tua sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan teknik dan strategi dalam mengatasi kecemasan anaknya. 5) Peneliti : Dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan, menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Sesuai judul penelitian “ Studi Kasus Penerapan Model Konseling Client Centered Untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Madrasah Pada Siswa Kelas VI MI Nahdlatul Wathon Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/201” maka penelitian ini mengungkap tentang pendekatan konseling client centered dalam fungsinya mengatasi kecemasan siswa terhadap ujian madrasah. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Aadapun metode pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukan penyebab RH, KU, ZA, mengalami kecemasan menghadapi ujian madrasah. 1) RH : ketidaksiapan menghadapi ujian madrasah, kurangnya perhatian dari orang tua dan motivasi belajar rendah. 2) KU : motivasi belajar rendah, malas belajar, dan kurang perhatian dari orang tua. 3) ZA :motivasi belajar rendah, sering bermain dan kurang perhatian dari orang tua. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kecemasan menghadapi ujian madrasah yang dialami RH : sering melamun, dan sering tidak mengerjakan tugas, KU : sering tidak memperhatikan guru pada saat pelajaran dan tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, ZA : sering diam dan malu bertanya pada saat pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan konseling client centered dengan menggunakan teknik reflection yaitu dengan cara konselor mersepon perasaan dalam pernyataan klien sebagai upaya checking persepsi setelah konseling, agar klien mengetahui dan memahami perasaanya sendiri. Sesuai dengan teknik ini adalah memberi kebebasan klien dalam mengambil keputusan yang bertanggung jawab.Dari konseling ketiga siswa tersebut, mereka dapat memahami jika kecemasan yang berlebihan dapat merugikan dirinya sendiri. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang diajukan :1) Kepala sekolah : Perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan guru kelas untuk membahas permasalahan siswa. 2) Guru kelas : Membantu mengatasi kecemasan siswa terhadap ujian madrasah agar siswa memperoleh hasil yang maksimal. 3) Orang tua : Menjalin kerjasama dengan sekolah dengan cara salling memberikan informasi mengenai perkembangan anak. 4) Siswa : Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap guru kelas apabila cemas atau mengalami kesuitan dalam menghadapi ujian madrasah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Murtono. M.Pd, Pembimbing II : Drs. Masturi. MM.
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Siswa Pada Ujian Madrasah dan Pendekatan Konseling Client Centered.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 05 May 2014 04:02
Last Modified: 05 May 2014 04:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item