MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 1 COLO DAWE KUDUS

Wikanthi, Titah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 1 COLO DAWE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (873Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (113Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (261Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (425Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (404Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (169Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (22Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi hasil belajar matematika siswa yang rendah. Matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Di samping itu, suasana belajar matematika cenderung menegangkan dan serius. Oleh karena itu perlu model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran Numbered Heads Together diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan Numbered Heads Together dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan antusiasme siswa pada pelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini “ (1) Apakah penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 1 Colo Dawe Kudus? (2) Apakah penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 1 Colo Dawe Kudus? (3) Apakah penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 1 Colo Dawe Kudus?”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah (1) Menemukan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui menerapkan model Numbered Heads Together pada siswa kelas V di SDN 1 Colo Dawe Kudus. (2) Mendeskripsikan seberapa besar peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model Numbered Heads Together pada siswa kelas V di SDN 1 Colo Dawe Kudus. (3) Mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran matematika melalui menerapkan model Numbered Heads Together di SDN 1 Colo Dawe Kudus”. Model pembelajaran Numbered heads Together adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. bilangan pecahan adalah bilangan yang lambangnya terdiri dari pasangan berurutan bilangan bulat a dan b (dengan b≠0) yang merupakan penyelesaian persamaan bx = a, dapat dinyatakan sebagai berikut ( atau a : b). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yaitu dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 23,8% dengan rata-rata 61,2 meningkat pada siklus I menjadi 62 % dengan rata-rata 69 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,7% dengan rata-rata 74,3. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,33 dengan kualifikasi “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 2,65 dengan kualifikasi “baik”. keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 3,03 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,43 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar, serta keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini, yaitu bagi guru diharapkan dapat menggunakan model Numbered Heads Together karena dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika, mengatasi kebosanan dan kejenuhan siswa terhadap materi pembelajaran, meningkatkan keterampilan matematika siswa, karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Bagi siswa dalam penerapan model Numbered Heads Together dalam pembelajaran menekankan siswa untuk terlibat aktif di setiap pembelajaran dan menumbuhkan semangat kerjasama untuk hasil yang optimal. Bagi peneliti yang akan melakukan pembelajaran atematika untuk mempertimbangkan penerapan model Numbered Heads Together yang sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I : Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing II : Sumaji, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together, dan pecahan
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 05 May 2014 11:00
                    Last Modified: 05 May 2014 11:00
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2870

                    Actions (login required)

                    View Item