PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 5 NGEMBALREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Musdalifa, Naella Ichdatul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 5 NGEMBALREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (793kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (429kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (485kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (952kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (356kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (92kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS siswa yang rendah, dikarenakan siswa merasa bosan ketika mempelajari IPS. Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Suasana belajar IPSyang cenderung membosankan menyebabkan siswa sulit mempelajari IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan hasil belajar IPS setelah diterapkan model kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SDN 5 Ngembalrejo? Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V semester 1SDN 5 Ngembalrejo Kudus materi keragaman suku dan budaya dengan menggunakan model kooperatif tipeNHT”. Numbered Heads Together adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat suatu kelompok, kemudian secara acak, guru memanggil nomor dari siswa. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu–ilmu sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, menggunakan desain dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 5 Ngembalrejo Kudus. Metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 32% dengan rata-rata 61,1 meningkat pada siklus I menjadi 64% dengan rata-rata 70,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata-rata 73,6. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 2,45 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,64 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,82 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,08 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah menggunakan model kooperatif tipeNHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, yaitu nilai evaluasi siswa sebagai aspek kognitif, danaktivitas belajar siswa, sertaketerampilan guru dalam pembelajaran sebagai aspek afektif dan psikomotor.Saran dalam penelitian ini bagi siswa diharapkan pada saat pembelajaran sebaiknya siswa harus lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi guru proses pembelajaran perlu menerapkan model pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Murtono, M. Pd, Pembimbing II : Ika Oktavianti, S. Pd, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, NHT
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 05 May 2014 03:56
Last Modified: 05 May 2014 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item